Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Presentasi Samudra

Samudra atlantik, samudra pasifik, samudra hindia, samudra arktik, samudra antartika

  • Identifiez-vous pour voir les commentaires

Presentasi Samudra

  1. 1. SAMUDRA Oleh: Fanny Kurniawati Putri IX J
  2. 2. Apa itu Samudra?
  3. 3. Telah kita ketahui bahwa Perairan (Samudra) meliputi 71% permukaan bumi (2/3 bagian), dengan area sekitar 361 juta kilometer persegi, isi samudra sekitar 1.370 juta km³, dengan kedalaman rata-rata 3.790 meter.
  4. 4. Ada 4 Samudra di dunia, yaitu: a.Samudra Pasifik b. Samudra Atlantik c. Samudra Arktik, dan d. Samudra Hindia Namun, ada juga yang mengatakan bahwa samudra ada 5, yaitu
  5. 5. Template Provided By www.animationfactory.com 500,000 Downloadable PowerPoint Templates, Animated Clip Art, Backgrounds and Videos
  6. 6. Sekitar 4,4 milyar tahun yang lalu, bumi mulai mendingin akibat mulai berkurangnya aktivitas vulkanik, selain itu atmosfer bumi pada saat itu masih tertutup oleh debu-debu vulkanik yang mengakibatkan terhalangnya sinar matahari sampai ke bumi. Akibatnya uap air di atmosfer mulai berkondensasi dan terbentuklah hujan. Hujan inilah yang mulai mengisi cekungan-cekungan di bumi sehingga terbentuklah samudra dan laut. Samudra saat itu bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (kira-kira 100°C. Keasaman air samudra ini terjadi karena saat itu atmosfer bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan garamgaraman sehingga air.
  7. 7. 5 SAMUDRA DUNIA
  8. 8. Samudra Pasifik dilihat dari pesisir tengah Chili Fakta Samudra Pasifik
  9. 9. Samudra Pasifik atau Lautan Teduh adalah Samudra terbesar di dunia (1/3 bumi)  luas : ± 165.385.450 km² kedalaman rata-rata 4.250 m Panjangnya(utara-selatan): ±15.500 km (dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross di Antartika) Lebar(timur-barat): 19.800 km (dari Indonesia hingga pesisir Kolombia) Terdapat Titik terendah permukaan Bumi Palung Mariana (11.022 m) di Filipina. berada di Samudra Pasifik. Terletak di: - Barat: Antara Asia dan Australia - timur : Amerika - Selatan: Antartika - Utara: Laut Bering dan Okhots
  10. 10. Samudra Pasifik memiliki banyak palung, yaitu Palung Tonga (10.882 m), Palung Kuril (10.542 m), Palung Filipina (10.497 m), Palung Kermatec (10.047 m), Palung Tzu Bonin (9.810 m), Palung New Hebrides (9.165 m), Palung South Solomon (9.140 m), Palung Jepang (8.412 m), Palung Peru-Cile (8.066 m), Palung Akution (7.822 m), dan Palung Amerika Tengah (6.662 m). Penjelajah Portugis Fernando de Magelhaens adalah orang yang menamakan Samudra Pasifik. Untuk sebagian besar perjalanannya dari Selat Magelhaens menuju Filipina, Magellan memang merasakan ketenangan lautan tersebut. Tetapi, Samudra Pasifik tidaklah selalu tenang. banyak terjadi gempa bumi. Banyak angin puyuh dan badai yang merusak pulau-pulau di bagian Pasifik dan tanah di sekitar Pasifik dipenuhi gunung berapi dan sering diguncang gempa bumi. Tsunami, yang disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut, telah menghancurkan banyak pulau dan menghapuskan seluruh kota. Terdapat gejala iklim global yaitu el nino dan la nina Terapat di antara tiga benua, yaitu Asia, Amerika, dan Australia.
  11. 11. Samudra Pasifik berisi sekitar 25.000 kepulauan yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa. -Melanesia (kepulauan hitam) , yaitu: New Guinea, Kaledonia Baru, Vanuatu, Fiji, dan Kepulauan Solomon -Mikronesia (kepulauan kecil) yaitu: Marianas, Guam, Palau, Kepulauan Marshall, Kiribati, Nauru, dan Mikronesia. -Polinesia (kepulauan yang banyak jumlahnya) yaitu: Selandia Baru, Kepulauan Hawaii, Atol Midway, Samoa, Samoa Amerika, Tonga, Tuvalu, Kepulauan Cook, Polynesia Perancis, dan Pulau Easter. -pulau-pulau lain di Samudra Pasifik, yang bukan bagian dari Oseania. Yaitu: Kepulauan Galapagos milik Ekuador; Kepulauan Aleutia di Alaska; Sakhalin dan Kepulauan Kuril milik Rusia; negara pulau Jepang, yang mencakup Kepulauan Ryukyu; Taiwan; Filipina; Kepulauan Laut China Selatan; dan kebanyakan pulau diIndonesia.
  12. 12. SAMUDRA ATLANTIK
  13. 13. Palung: Di Samudra Atlantik terdapat beberapa palung laut, seperti Palung Puerto Rico (9.220 m), Palung South Sandwich (8.264 m), Palung Romance (7.856 m), dan Palung Caynon (7.500 m). Luas: ± 82.217.000 km² (meliputi sekitar 1/5 permukaan Bumi.) Tempat terdalam: Palung Puerto Riko (8.605 m ) -Kedalaman rata-rata: 3.350 m -Terletak di antara Benua Eropa, Afrika, dan Amerika, -Samudra Atlantik memiliki kawasan yang diyakini sebagai pusat - medan magnet bumi, yaitu di kawasan Segitiga Bermuda di Perairan Karibia (Amerika Tengah). -Di Samudra Atlantik terdapat pertemuan arus dingin dari Perairan Greenland dan arus panas dari Teluk Meksiko di Perairan Labrador. -Samudra Atlantik adalah samudra dunia yang terasin. Samudra ini berbentuk huruf S, memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan, terbagi dua olehgaris khatulistiwa menjadi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan. -Jumlah wilayah yang mengalir ke Samudra Atlantik lebih besar empat kali daripada Samudra Pasifik maupun Samudra Hindia.
  14. 14. SAMUDRA HINDIA
  15. 15. • Satu-satunya samudra yang namanya berasal dari nama negara • Samudera Hindia adalah laut terpanas di dunia. • Memiliki kehidupan hewan laut yang jarang disebabkan suhu air yang lebih tinggi. • Air di Samudera Hindia memiliki salah satu kandungan oksigen terendah di dunia karena tingkat penguapan yang lebih besar dalam laut karena suhu air yang lebih tinggi. • Samudra ini terletak di sebelah Selatan Benua Asia, sebelah Barat Australia, sebelah Timur dan Selatan Afrika, serta berbatasan dengan Kutub Selatan. • luasnya kira-kira ½ dari luas Samudra Pasifik. • Para ilmuwan mengklaim bahwa Samudra Hindia semakin luas sekitar 20 cm setiap tahun
  16. 16. SAMUDRA ANTARTIKA
  17. 17. • Samudera Antartika adalah massa air laut yang mengelilingi benua Antartika. • Luas: 20.327.000 km² • merupakan samudra terbesar keempat • telah disepakati untuk disebut sebagai samudra oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) pada 2000. Sebelum itu, pandangan umum adalah Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik langsung berbatasan dengan bibir pantai Antartika. • Temperatur air laut bervariasi antara 10 dan -2°C. • Samudra Selatan dalam, rata-rata kedalaman 4.000 - 5.000 m pada hampir semua penjuru samudra, hanya sedikit tempat yang mempunyai kedalaman yang dangkal.
  18. 18. SAMUDRA ARKTIK
  19. 19. • Samudra Arktik, berlokasi di belahan utara bumi dan berada di wilayah Arktik Kutub Utara, adalah samudra terkecil dan terdangkal di antara lima samudra di dunia • Luas: 14.056.000 kilometer persegi, • Meskipun Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) menganggapnya sebagai samudra, para ahli samudra menyebutnya Laut Mediteranian Arktik atau Laut Arktik, mengklasifikasikannya sebagai satu dari Laut Mediteranian yang tergabung dalam Samudra Atlantik. • kadar garamnya adalah yang terendah dari rata-rata lima samudra lainnya, dikarenakan rendahnya penguapan, juga dikarenakan terbatasnya keluarnya air dari samudra ke daerah sekitarnya dengan masukan air tawar ke samudra dalam jumlah yang besar. • Kehidupan laut banyak terdapat di daerah terbuka, khususnya daerah yang lebih dekat dengan air di sebelah selatan. • Suhu rata-rata adalah -2° celsius.
  20. 20. -Sebagian dari samudera artik merupakan bagian yang tertutup oleh es sepanjang tahunnya. - Hewan yang hidup di samudera artik seperti beruang kutub, anjing laut, paus, ubur-ubur surai singa dan ikan laut banded gunnel. -Dalam tahun-tahun terakhir ini ilmuwan telah mencatat terjadinya peningkatan penipisan pada lapisan es artik dan terbentuknya lubang-lubang ozone di langit sebagai hasil dari pemanasan global. -Samudra Arktik memiliki iklim kutub yang ditandai dengan dingin sepanjang tahun dan sempitnya kisaran suhu tahunan. -Musim dingin ditandai dengan gelap yang berkelanjutan, dingin dan kondisi cuaca yang stabil dan langit yang cerah; musim panas ditandai dengan sinar matahari yang berkelanjutan, lembap dan berkabut dan angin-angin puyuh lemah dengan hujan dan salju.

×