Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Creativity

682 vues

Publié le

Materi Dari Pa Irwan Tarmawan

  • Soyez le premier à commenter

  • Soyez le premier à aimer ceci

Creativity

  1. 1. apa itu kreativitas? creativivity workshop
  2. 2. 1. bekerja keras terus menerus untuk memperbaiki suatu gagasan dan solusi; dengan cara membuat perubahan yang bertahap untuk memperbaiki proses kerjanya dan hasilnya. 2. menemukan dan mewujudkan sesuatu yang ‘baru’. apa itu kreativitas? 1. aktivitas 3. • mau menerima perubahan dan kebaruan (adaptif) • ingin bermain dengan gagasan dan2. kemampuan kemungkinan • menikmati sesuatu yang sudah baik 3. sikap dan ingin memperbaiki kondisinya supaya menjadi lebih baik.
  3. 3. jadi, kreativitas berguna untuk:menambah pilihan solusi,mengatasi masalah dg lebih baik,membantu kita beradaptasi.
  4. 4. jadi, kreativitas berguna untuk:membuat kita hidup!
  5. 5. bagaimana cara melakukan kreativitas?
  6. 6. 1. Orientasi: 2. Preparasi: 3. Analisis: penetapan masalah mengumpulkan konfirmasi, dan tujuan data & studi eksplorasi & kasus memetakan data proses kreatif ALEX OSBORNE 5. Inkubasi: 4. Ideasi: 6. Sintesis: menimbun ide: melahirkan7.Evaluasi: meramu ide, aktifkan ‘sidang’ gagasan; penilaian membangun ide argumentasi antar eksperimen; terhadap menjadi ide agar terjadi membangun solusi komprehensif ‘pencerahan’ alternatif ide
  7. 7. melakukan proses kreatifmengharuskan kita untukberpikir kritikal danberpikir kreatif.
  8. 8. berpikir kritikal > berpikir kreatif analitik > generatif konvergen (ikut pola baku) > divergen (menyimpang/beda) fokus > menyebar vertikal > lateral penetapan nilai > penundaan nilaitujuan: mencari argumentasi > tujuan: mencari kekayaan cara berpikir
  9. 9. bagaimana caranya menjadi kreatif?
  10. 10. mari jadi ‘anak kecil’
  11. 11. #1 ingin tahu #2 non-prasangka #3 berani coba
  12. 12. #1 ingin tahu #2 non-prasangka #3 berani cobaBertanyalah!‘Mereka yang bertanya akan kelihatan bodoh selama lima menit, merekayang tidak bertanya akan bodoh selama-lamanya”.Ilmu pengetahuan lahir dari pertanyaan.Kemampuan inti desainer:Selalu ingin tahu; tanya - baca! ; kembangkan ‘bank’ wawasan > kolektorMampu melihat sisi baik; bahkan dari hal yang jelek > analisMampu mengelola gagasan & pengetahuannya > organiserMampu mewujudkan gagasan > kreatorMampu memperbaiki gagasan & solusi > evaluator
  13. 13. #1 ingin tahu #2 non-prasangka #3 berani cobaMampu jadi Lugu!Dengan tanpa prasangka:• membuka diri; menderasnya informasi & pengetahuan yang masuk.• membuka kemungkinan baru yang tak disangka.• jadi mampu menunda penilaian; shg kita tidak puas berhenti di ide yg bagus, padahal kita bisa dapat ide yg hebat.
  14. 14. #1 ingin tahu #2 non-prasangka #3 berani cobaIde yang baik adalah ide yang diwujudkan!Mampu menghadirkan tantangan, tanpanya kita hanya jalan di tempat.Berani melakukan percobaan; berani menghadapi kesalahan, karena darikesalahan akan timbul pemahaman yang lebih dalam & lengkap.
  15. 15. #1 ingin tahu #2 non-prasangka #3 berani cobahambatan kreativitas:1. prasangka > Solusi yang miskin biasanya berasal dari perasaan sudah mengerti masalah dan sudah tahu kira2 jawabannya padahal masalahnya baru saja dikenalkan; belum dipahami. > Mengulang sukses! Kadang kesuksesan solusi yang lalu, dijadikan pola untuk membentuk solusi yang sekarang. > Setiap masalah punya identitas sendiri, oleh sebab itu diperlukan cara menjawab yang berbeda antar satu masalah dg masalah yg lain.
  16. 16. #1 ingin tahu #2 non-prasangka #3 berani cobahambatan kreativitas:1. prasangka 2. penetapan fungsi kadang kita terlena dengan fungsi suatu benda karena namanya. Mengapa meja tak boleh diduduki? mengapa alat pel tidak bisa dipakai sebagai alat olahraga? mengapa buku tidak bisa dipakai sebagai alat ukur? ‘don’t mistake illegibility for communication’ (david carson)
  17. 17. #1 ingin tahu #2 non-prasangka #3 berani cobahambatan kreativitas:1. prasangka penetapan fungsi 2.3. merasa tak berdaya karena merasa tak punya pengetahuan, keterampilan, peralatan / modal yang cukup, membuat kita enggan mencoba. Sumber kreativitas adalah otak kita (modalnya: gratis). Kreativitas bisa mulai digunakan untuk memecahkan masalah: ‘bagaimana caranya supaya kita bisa melakukan proses kreatif?’
  18. 18. untuk jadi kreatif,jadilah ‘anak kecil’
  19. 19. yang paling sulit adalahmencari atau membuat ide. benarkah?
  20. 20. hari ini beda dengan kemarin. waktu terus berjalan, dunia terus berubah. kita tidak bisa terus memakai cara yang sama untukmengikuti dinamika ini. kita perlu beradaptasi, kita harus terus memperbaharui diri. untuk itu kita perlu ide.
  21. 21. penggolongan ide:(ditinjau dari metode pembuatannya)
  22. 22. 1. revolutifpelahiran ide yang berasal darisesuatu yang baru, atau merupakanlompatan ide yang sangat berbedadari ide sebelumnya.
  23. 23. 1. revolutifpelahiran ide yang berasal darisesuatu yang baru, atau merupakanlompatan ide yang sangat berbedadari ide sebelumnya.
  24. 24. 2. evolutif sebuah peningkatan perubahan; suatu ide berasal dari revisi ide sebelumnya.
  25. 25. 2. evolutif sebuah peningkatan perubahan; suatu ide berasal dari revisi ide sebelumnya. 1939 1953 1960 1971 1986 1993 2000 1934
  26. 26. 3. sintesis penggabungan beberapa ide menjadi sebuah ide baru.
  27. 27. 3. sintesis penggabungan beberapa ide menjadi sebuah ide baru.
  28. 28. 4. reaplikasi ide yang sudah ada, dipergunakan dengan cara/teknik baru.
  29. 29. 5. rubah perspektif ide yang didapat dengan merubah sudut pandang.contoh:• sejarah hot dog• cara belajar siswa aktif.• bagaimana caranya meningkatkan keuntungan perusahaan cargopelayaran?> dengan menekan kerugian yang diakibatkan ongkos perahu yangsedang menunggu proses bongkar muat kontainer barang.
  30. 30. bagaimana caranyamenghasilkan ide?1. Brainstorming2. Input Acak3. Pemaksaan Hubungan/Analogi4. MetaforaAnalisis morfologis, Peta-pikiran,dan lain-lain...
  31. 31. TEKNIK 1: brainstroming prinsip: membedakan fase ‘pelahiran ide’ dan fase ‘penilaian ide’ langkah: 1. Tentukan, definisikan masalah secara jelas. 2. Tugaskan satu orang untuk menuliskan semua ide yang lahir 3. Pilih anggota grup yang aktif dengan jumlah yg cukup 4. Tentukan seorang yang menjadi ‘wasit’ untuk selalu mengingatkan: • menunda penilaian baik-jelek • setiap ide harus ditampung dan didokumentasikan • mendorong agar setiap orang memperkaya ide yang ada • mendorong perwujudan ‘cara lain’ dan ‘ide aneh’
  32. 32. TEKNIK 2: acak kata prinsip: otak adalah sebuah sistem yang otomatis membuat organisasi, sangat baik dalam membuat pola hubungan. Hampir semua kata random akan merangsang ide atas subyek dari kata itu. langkah: 1. buat daftar kata-kata acak 2. ambil satu kata secara acak 3. buat daftar ide yang berhubungan dari setiap asosiasi dan fungsi stimulus kata 4. buat kemungkinan hasil hubungan ide.
  33. 33. TEKNIK 2: acak kata contoh: MENCARI IDE TENTANG INOVASI RODA/BAN. acak katanya: SIKAT GIGI > MENGGANTI RODA DENGAN SIKAT GIGI > Ide berhubungan: 1. daya cengkeram lebih kuat di medan lumpur dan salju 2. kerikil kecil dilewati tanpa terasa; jalan jadi bersih > Hasil hubungan ide: 1. Ciptakan roda untuk salju dan lumpur 2. Lempengan material yang bisa masuk kedalam roda 3. Rongga di roda; agar memuluskan berkendara.
  34. 34. TEKNIK 2: acak kata FITUR SIKAT GIGI > Ide berhubungan: 1. berubah warna kalau sering dipakai 2. mengeluarkan pasta gigi begitu disikat 3. pegangan yang elastis agar tidak terlalu menekan gigi 4. bulu sikat yg menonjol agar mencapai kedalaman gigi 5. kotak plastik, untuk traveling 6. kita sikat gigi dua kali sehari. > Hasil hubungan ide: 1. Roda yang punya dua lapis warna, sehingga kalau sudah tipis akan terlihat warna lapisan dalamnya. 2. Ada semprotan garam di depan roda; agar mencairkan salju 3. Apakah suspensi roda bisa dari metal elastis? 4. Ada bagian ban roda yang keras dan lembut, bagian lembutnya bisa mencengkeram dan meredam getar. 5. Jual pelindung ban, saat cuacanya ekstrim 6. Membuat alat yang bisa menghitung pola pemakaian roda dan ban?
  35. 35. TEKNIK 2: acak kata > APA KEUNTUNGAN MENYIKAT GIGI? > Ide berhubungan: 1. Gigi tidak berlubang 2. Membuat gigi terasa bersih dan halus > Hasil hubungan ide: 1. Alat x-ray yg bisa melihat internal ban? 3. Bisakah kita memproduksi alat dari dalam roda yang memancarkan air sehingga bisa membersihkan sendiri rodanya?
  36. 36. TEKNIK 3: pemaksaan hubungan (analogi) prinsip: membandingkan masalah dengan hal lain yang tidak atau hanya sedikit berhubungan, dan sebagai hasil kita dapatkan pemahaman baru. contoh: Mencari ide perusahaan dihubungkan dengan KOREK API KOREK API: PERUSAHAAN: - Dua sisi ada bidang gesekan api - Proteksi yang dibutuhkan perusahaan menghadapi gesekan - Kotak dengan enam bidang - Enam divisi yang dimiliki perusahaan - Ditengah ada bagian geser - Inti perusahaan yang fleksibel - Dibuat dari kertas karton - Struktur perusahaan yang kuat tetapi rendah biaya
  37. 37. TEKNIK 3: pemaksaan hubungan (analogi)
  38. 38. TEKNIK 4: metafora prinsip: menghubungkan dua makna hal yang berbeda, yang memiliki kemiripan sifat atau atribut. Sebuah jalan pintas yang instan dan mudah diingat, sehingga kita bisa melihat sebuah benda lewat jalan lain. Metafora menggunakan bahasa simbolis untuk menyampaikan suatu maksud yang terlalu berkata-kata. contoh: Dolby sound system itu seperti mesin cuci suara. Rantai makanan, Waktu adalah uang, Atom adalah sistem tata surya mikro.
  39. 39. TEKNIK 4: metafora buku adalah kritik jendela ilmu semangatnya membara
  40. 40. prinsip kreativitas kreativitas adalah budaya:bukan hanya digunakan untuk memecahkan masalah, tetapi juga diterapkan menjadi kepribadian dan prinsip.
  41. 41. kualitas kreativitas senilai dg kemampuan kita mendeteksi pola hubungan antar beberapa ide. Untuk itu diperlukan ‘bank’ pengalaman yang kaya. Persiapkan ‘bank’ pengalaman/ide dengan:> baca seluas2nya, selalu ingin tau, mau mengeksplor topik yg belum tentu dapat memberi manfaat langsung> pastikan: kita belajar untuk tahu mendalam, sehingga meresap dan tertimbun menjadi pengalaman bawah sadar.
  42. 42. selamatberkreativitas!

×