Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.
Peradaban
Romawi
Anggota :
1. Adriana Irene Zaiseika
2. Christina Dwi Rahayu
3. Christine Novie Ana
4. Chyntia Suciati
5. Dinda Nadya Putri...
Romawi terletak di Semananjung Alpenina (Sekarang Italia).
Batas-batasnya adalah :
Utara : Pegunungan Alpen
Timur : Laut...
Lembah pegunungan Alpenina
merupakan lahan subur dan cocok
dijadikan sebagai lahan pertanian. Oleh
karena itu, Bangsa Roma...
Menurut mitos, Romawi kuno didirikan
oleh 2 saudara keturunan Aenas dari Yunani
yaitu, Remmus dan Romulus pada abad 8 SM
d...
MunculnyaPeradaban Romawi Kuno
Secara garis besar sejarah romawi kuno dibagi
menjadi tiga, yaitu:
1. Zaman Kerajaan (750-5...
GAYA HIDUP ROMAWI KUNO
Ketika wilayah Roma masih kecil, kegiatan hidup
sehari – hari masyarakat mencerminkan gaya hidup
se...
SistemKepercayaanRomawi
Kuno
Ketika kerajaan Romawi berdiri,
kepercayaan masyarakat masih bersifat
animisme. Bangsa Romawi...
MitologiRomawiKuno
Mitologi Romawi adalah kumpulan
legenda Romawi tentang dewa-dewi
Romawi yang berawal dan tersebar
melal...
MitologiRomawiKuno
1. Hercules
Hercules adalah tokoh dalam mitologi
Romawi. Dalam mitologi Yunani dia
dikenal sebagai Hera...
MitologiRomawiKuno
2. Pluto
Dalam mitologi Romawi, Pluto adalah dewa
dunia bawah. Dalam mitologi Yunani dia
disebut Hades.
MitologiRomawiKuno
3. Yupiter
Dalam mitologi Romawi, Jupiter atau Jove adalah
raja para dewa, dan dewa langit dan petir. D...
MitologiRomawiKuno
4. Venus
Venus adalah salah satu yang terkenal
dalam sejarah mitologi Romawi.
Dewi ini diasosiasikan de...
5. Mars
Mars dalam mitologi Romawi
adalah dewa perang, putra dari
Juno dan Jupiter, suami Bellona,
dan kekasih Venus. Dia ...
MitologiRomawiKuno
6. Neptunus
Neptunus (bahasa Latin: Neptūnus) adalah
dewa air dan laut pada mitologi Romawi,
saudara ka...
MitologiRomawiKuno
Berikut perbandingan nama dewa-dewi romawi
dengan yunani :
1. Seni Bangunan
Peninggalan bangunan-bangunan Romawi itu antara
lain:
 Puluhan kuil yang bertebaran di kota Roma
 Panth...
PeninggalanBudayaRomawi
Kuno
Collosium
Tempat pertunjukan gladiator
PeninggalanBudayaRomawi
Kuno
PeninggalanBudayaRomawi
Kuno
2. Seni Sastra
Banyak karya sastra yang dihasilkan oleh para
pujangga Romawi kuno. Antara lai...
PeninggalanBudayaRomawiKuno
3. Ilmu pengetahuan
Dalam bidang ilmu pengetahuan bangsa Romawi
meneruskan pengetahuan yang te...
PeninggalanBudayaRomawiKuno
Alat-alat bedah
Rodus kedokteran untuk memeriksa bagian dalam
ibu yang mengandung.
PeninggalanBudayaRomawi Kuno
4. Pemerintahan
Tata pemerintahan Romawi tersusun rapi yang dijalankan dengan
beberapa sendi ...
PeninggalanBudayaRomawi
Kuno
5. Militer
Bangsa Romawi mampu mengorganisir kekuatan
militernya dengan rapi. Istilah-istilah...
Peninggalan Budaya Romawi
Kuno
6. Hukum
Di bidang hukum bangsa Romawi memberikan sumbangan yang
besar dalam menegakkan kea...
Kesimpulan
Peradaban Romawi terletak di negara
Italia yang beribu kota di Roma. Menurut
kepercayaan, kata Romawi berasal d...
Peradaban Romawi
Peradaban Romawi
Prochain SlideShare
Chargement dans…5
×

Peradaban Romawi

20 306 vues

Publié le

Peradaban Romawi

  • Soyez le premier à commenter

Peradaban Romawi

  1. 1. Peradaban Romawi
  2. 2. Anggota : 1. Adriana Irene Zaiseika 2. Christina Dwi Rahayu 3. Christine Novie Ana 4. Chyntia Suciati 5. Dinda Nadya Putri 6. Femmy Veronica L 7. Nadya Elisabeth 8. Meika Dinandra P 9. Pingkan Christy
  3. 3. Romawi terletak di Semananjung Alpenina (Sekarang Italia). Batas-batasnya adalah : Utara : Pegunungan Alpen Timur : Laut Adriatik dan Laut Lonia Selatan : Laut Sicilia Barat : Laut Tirenia dan Laut Liguri Letak Geografis
  4. 4. Lembah pegunungan Alpenina merupakan lahan subur dan cocok dijadikan sebagai lahan pertanian. Oleh karena itu, Bangsa Romawi hidup dari bercocok tanam menghasilkan gandum, jagung, anggur, dll. Di pegunungan Alpenina juga ditemukan berbagai tambang mineral.
  5. 5. Menurut mitos, Romawi kuno didirikan oleh 2 saudara keturunan Aenas dari Yunani yaitu, Remmus dan Romulus pada abad 8 SM ditepi sungai tiber. Peradaban Romawi Kuno Banyak mendapat pengaruh dari Yunani Kuno baik dalam bidang seni, sastra, filsafat, maupun budaya, seperti tradisi Etruscan yang seperti alfabet yang dipelajari dari peradaban yunani, kemudian bangsa roma mengembangkannya menjadi alfabet yang dikenal sekarang.
  6. 6. MunculnyaPeradaban Romawi Kuno Secara garis besar sejarah romawi kuno dibagi menjadi tiga, yaitu: 1. Zaman Kerajaan (750-510 SM) Zaman ketika seorang raja didampingi oleh senate (wakil dari para suku di sekitar Roma) 2. Zaman Republik (510-31 SM) Zaman Ketika Roma tumbuh dari negara kota kecil menjadi republik yang luas 3. Zaman Imperium (31 SM-476 M) Zaman Berkuasanya monarki konstitusional
  7. 7. GAYA HIDUP ROMAWI KUNO Ketika wilayah Roma masih kecil, kegiatan hidup sehari – hari masyarakat mencerminkan gaya hidup sederhana menurut pola traditional Roma, namun ketika Romawi berperang dengan Yunani, gaya hidup Bangsa Romawi Banyak mengalami perubahan. Mereka mengadopsi budaya hellenik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari. Gaya hidup mereka lebih mengota dari sebelumnya. Kota Roma mengalami perkembangan pesat yang ditandai dengan dibangunnya fasilitas fasilitas umum, seperti teater, wc umum, dan pusat hiburan.
  8. 8. SistemKepercayaanRomawi Kuno Ketika kerajaan Romawi berdiri, kepercayaan masyarakat masih bersifat animisme. Bangsa Romawi memuja beberapa roh seperti: - Vesta yaitu roh pengurus api tungku - Lares yaitu roh penjaga rumah tangga dan batas ladang keluarga - Penates yaitu roh penjaga lumbung
  9. 9. MitologiRomawiKuno Mitologi Romawi adalah kumpulan legenda Romawi tentang dewa-dewi Romawi yang berawal dan tersebar melalui tradisi lisan. Mitologi ini memiliki persamaan dengan mitologi Yunani, terutama mengenai mitologi tentang para dewa.
  10. 10. MitologiRomawiKuno 1. Hercules Hercules adalah tokoh dalam mitologi Romawi. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Herakles.
  11. 11. MitologiRomawiKuno 2. Pluto Dalam mitologi Romawi, Pluto adalah dewa dunia bawah. Dalam mitologi Yunani dia disebut Hades.
  12. 12. MitologiRomawiKuno 3. Yupiter Dalam mitologi Romawi, Jupiter atau Jove adalah raja para dewa, dan dewa langit dan petir. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Zeus. Ia dipanggil Iuppiter (atau Diespiter) Optimus Maximus ( “Dewa Terbaik dan Terbesar”).
  13. 13. MitologiRomawiKuno 4. Venus Venus adalah salah satu yang terkenal dalam sejarah mitologi Romawi. Dewi ini diasosiasikan dengan cinta dan kecantikan, identik dengan Aphrodite dan Etruscan deity Turan dari mitologi Yunani.
  14. 14. 5. Mars Mars dalam mitologi Romawi adalah dewa perang, putra dari Juno dan Jupiter, suami Bellona, dan kekasih Venus. Dia adalah dewa militer yang utama dan disembah oleh legiun Romawi. Dalam mitologi Yunani, Mars dikenal dengan nama Hermes. Mitologi Romawi Kuno
  15. 15. MitologiRomawiKuno 6. Neptunus Neptunus (bahasa Latin: Neptūnus) adalah dewa air dan laut pada mitologi Romawi, saudara kandung Yupiter dan Pluto. Ia serupa, tetapi tidak sama dengan dewa Poseidon dari Mitologi Yunani.
  16. 16. MitologiRomawiKuno Berikut perbandingan nama dewa-dewi romawi dengan yunani :
  17. 17. 1. Seni Bangunan Peninggalan bangunan-bangunan Romawi itu antara lain:  Puluhan kuil yang bertebaran di kota Roma  Pantheon yaitu rumah dewa bagi bangsa Romawi  Limes yaitu tembok pertahanan yang panjangnya puluhan kilometer, lebar 2,5 m dan tingginya 6 m  Amphiteater dan Colloseum yaitu bangunan berbentuk stadion yang dapat menampung ratusan ribu penonton. Bangunan itu berfungsi sebagai tempat untuk pertunjukan hiburan. Peninggalan Budaya RomawiKuno
  18. 18. PeninggalanBudayaRomawi Kuno Collosium Tempat pertunjukan gladiator
  19. 19. PeninggalanBudayaRomawi Kuno
  20. 20. PeninggalanBudayaRomawi Kuno 2. Seni Sastra Banyak karya sastra yang dihasilkan oleh para pujangga Romawi kuno. Antara lain: · Horatius dengan karyanya berjudul Oda · Livius, seorang sejarahwan yang menulis buku berjudul Magnum Opus · Lucretuis, seorang filsuf dan penyair. Yang mengembangkan ajaran filsuf Yunani terkenal yaitu Epi Curuc karyanya berjudul Hukum Alam ditulis dalam bentuk puisi yang mengupas materi itu terdiri dari atom.
  21. 21. PeninggalanBudayaRomawiKuno 3. Ilmu pengetahuan Dalam bidang ilmu pengetahuan bangsa Romawi meneruskan pengetahuan yang telah berkembang pada jaman Yunani kuno. Bangsa Romawi lebih menekankan segi kepraktisan, bukan teori semata. Sumbangan bangsa Romawi di bidang kedokteran dan obat-obatan sangat besar bagi dunia sekarang.
  22. 22. PeninggalanBudayaRomawiKuno Alat-alat bedah Rodus kedokteran untuk memeriksa bagian dalam ibu yang mengandung.
  23. 23. PeninggalanBudayaRomawi Kuno 4. Pemerintahan Tata pemerintahan Romawi tersusun rapi yang dijalankan dengan beberapa sendi sebagai berikut: · pemerintahan sentralisasi, berpusat pada kaisar. · pelaksanaan ketertiban dan keamanan secara ketat. · komunikasi antara pemerintah pusat dengan daerah terpelihara dengan baik didukung oleh sarana dan prasarana yang baik. · Hirarki dimulai di imperium-pretectur-dioceses-propinsi untuk mempertahankan kekuasaan atas wilayah yang sangat luas ditempuh siasat devide et impera yang kemudian banyak ditiru oleh bangsa-bangsa modern yang melakukan penjajahan contohnya Belanda di Indonesia.
  24. 24. PeninggalanBudayaRomawi Kuno 5. Militer Bangsa Romawi mampu mengorganisir kekuatan militernya dengan rapi. Istilah-istilah yang digunakan itu masih dikenal dalam dunia militer hingga sekarang misalnya legiun, devisi, kavaleri, infantri dan lain-lain. Semangat bela negara yang disebut patria protesta ditanamkan sedini mungkin terhadap warga negaranya. Istilah tersebut berkembang menjadi kata patriot yang anda kenal di Indonesia.
  25. 25. Peninggalan Budaya Romawi Kuno 6. Hukum Di bidang hukum bangsa Romawi memberikan sumbangan yang besar dalam menegakkan keadilan. Konsep bahwa semua orang sama di depan hukum serta adanya asas praduga tak bersalah telah dikembangkan pada hukum Romawi kuno. Hukum Romawi adil dan manusiawi. Hukum Romawi berkembang melalui proses sejarah yang panjang sejak pertengahan abad 5 SM sampai lahirnya kitab hukum masa kaisar Yustinianus abad 6 masehi. Kaisar Yustinianus mengkodifikasikan (membukukan) hukum-hukum Romawi dari kaisar-kaisar yang memerintah sebelumnya. Kodifikasi hukum itu disebut Corpus Yuris atau Codex Yustinianus. Codex berisi kumpulan hukum dasar atau konstitusi sejak jaman Theodosius. Selain Codex ada Pandect yaitu kumpulan pendapat para ahli hukum. Codex Yustinianus dijadikan dasar penyusunan Codex Napoleon yang dikembangkan lebih lanjut menjadi hukum modern hingga sekarang.
  26. 26. Kesimpulan Peradaban Romawi terletak di negara Italia yang beribu kota di Roma. Menurut kepercayaan, kata Romawi berasal dari nama nenek moyang bangsa Romawi, yaitu Remus&Romulus yang merupakan anak dari Rhea Silva, salahsatu keturunan Aeneas (pahlawan perang Troya).

×