Publicité
Publicité

Contenu connexe

Publicité

MASA PRESIDEN megawati A.pptx

  1. DI SUSUN OLEH : KELOMPOK IV NURLITA NOVIA HENDALNI ZULFAN MAHDI RISA ASNIDA DEVI DARMAWATI AZRATUL USMI
  2. Presiden Indonesia (nama jabatan resmi: Presiden Republik Indonesia) adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Sebagai kepala negara, Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Sebagai kepala pemerintahan, Presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri dalam kabinet, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari- hari. Presiden (dan Wakil Presiden) menjabat selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan.
  3. Karir politik Mega yang penuh liku seakan sejalan dengan garis kehidupan rumah tangganya yang pernah mengalami kegagalan. Jejak politik sang ayah berpengaruh kuat pada Megawati.Kendati lahir dari keluarga politisi jempolan, Mega tidak terbilang piawai dalam dunia politik. Bahkan, Megawati sempat dipandang sebelah mata oleh teman dan lawan politiknya. Beliau bahkan dianggap sebagai pendatang baru dalam kancah politik, yakni baru pada tahun 1987. Saat itu Partai Demokrasi Indonesia (PDI) menempatkannya sebagai salah seorang calon legislatif dari daerah pemilihan Jawa Tengah, untuk mendongkrak suara.
  4. Masuknya Megawati ke kancah politik, berarti beliau telah mengingkari kesepakatan keluarganya untuk tidak terjun ke dunia politik. Trauma politik keluarga itu di tabraknya. Megawati tampil menjadi primadona dalam kampanye PDI, walau tergolong tidak banyak bicara. Ternyata memang berhasil. Suara untuk PDI naik. Dan beliau pun terpilih menjadi anggota DPR/MPR. Pada tahun itu pula Megawati terpilih sebagai Ketua DPC PDI Jakarta Pusat.
  5. 1. Soeharto telah mewariskan utang luar negeri (pemerintah dan swasta) sebesar US $ 150.80 milyar. Kebijakan Presiden Megawati mencoba mengatasinya dengan meminta penundaan pembayaran utang luar negeri pada pertemuan Paris Club ke-3 pada tanggal 12 April 2002 2. Krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak tahun 1997 mengakibatkan kemerosotan pendapatan perkapita. Pada tahun 1997, pendapatan perkapita Indonesia tinggal US $ 465. Melalui kebijakan pemulihan keamanan, situasi Indonesia menjadi tenang dan Presiden megawati berhasil menaikkan pendapatan perkapita cukup signifikan, yaitu sekitar US $ 930
  6. 3. Ketenangan Megawati disambut baik oleh pasar. Tidak sampai sebulan setelah dilantik, kurs melonjak ke Rp 8.500 perdolar AS. Indeks saham gabungan juga terus membaik hingga melejit ke angka 800. 4. Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menekan nilai inflasi, Presiden Megawati menempuh langkah yang sangat kontroversial, yaitu melakukan privatisasi terhadapa BUMN. Pemerintah menjual Indosat pada tahun 2003. Hasil penjualan itu berhasil menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 4.1 % dan inflasi hanya 5.06 %. 5. Mampu memperbaiki kinerja ekspor. Pada tahun 2002, nilai ekspor US $ 57.158 milyar dan impor tercatat US $ 31.229 milyar. Pada tahun 2003 ekspor juga menanjak ke angka US $ 61.02 milyar dan impor meningkat ke angka US $ 32.39 milyar.
  7. Di pengujung masa jabatan Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden ke-6 RI, dia memberikan karya terakhirnya untuk rakyat. Karya itu adalah membuat Undang-undang tentang Sistem Jaminan Sosial yang merupakan cikal bakal BPJS. "Di Oktober 2004, Megawati meminta Fraksi PDIP untuk mengawal UU Tentang Sistem Jaminan Sosial," kata Ketua Tim Promotor Universitas Padjajaran, Obsatar Sinaga saat membuka acara pemberian gelar Doktor Honoris Causa (Dr.H.C) kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri,
Publicité