Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

63

Partager

Télécharger pour lire hors ligne

PEMBAHASAN CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL (UN) BAHASA INDONESIA SMK 2015

Télécharger pour lire hors ligne

Diperuntukan sebagai penunjang belajar siswa dalam menghadapi ujian nasional Bahasa Indonesia. Dilengkapi pembahasan.

Livres associés

Gratuit avec un essai de 30 jours de Scribd

Tout voir

PEMBAHASAN CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL (UN) BAHASA INDONESIA SMK 2015

  1. 1. PEMBAHASAN CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL Dedi Irawan, S.Pd. 2015
  2. 2. Cermatilah penggalan laporan berikut! Objek wisata Borobudur tidak hanya menjual keindahan semata. Tetapi dari aspek lingkungan dan masyarakat sekitar Borobudur dapat mendatangkan keuntungan tersendiri. Masyarakat sekitar dapat memanfaatkan objek wista tersebut dengan menjual cenderamata mata, baik karya mereka maupun karya orang lain. Terbukti dengan adanya pasar Ular yang terdapat di pintu keluar Borobudur. Simpulan penggalan laporan tersebut adalah ... a. Objek wisata Borobudur menjual cenderamata untuk para wisatawan lokal dan mancanegara. b. Pasar Ular terdapat di pintu masuk objek wisata Borobudur sangat ramai dikunjungi wisatawan. c. Masyarakat yang tinggal di dekat Borobudur mendapatkan keuntungan dari hasil menjual cenderamata. d. Objek wisata Borobudur tidak hanya menjual keindahan tapi juga mendatangkan keuntungan bagi masyarakat sekitarnya. e. Masyarakat Borobudur menjual cenderamata hasil karya mereka kepada para wisatawan. Pembahasan: Simpulan artinya hasil menyimpulkan. Simpulan penggalan laporan di atas adalah Objek wisata Borobudur tidak hanya menjual keindanan tapi juga mendatangkan keuntungan bagi masyarakat sekitarnya.
  3. 3. Bacalah penggalan biografi berikut dengan saksama! Jaya Suprana (62), eksekutif angkatan muda, lebih dikenal sebagai seniman musik dan kartunis daripada pengusaha. Jaya Suprana lahir di Denpasar, Bali. Ayahnya, Lambang Suprana adalah salah seorang dari empat bersaudara generasi kedua pewaris perusahaan Jamu Jago. Setamat SMP di Semarang, ia melanjutkan sekolah SMA di Jerman dan lulus tahun 1967. Pendidikan tinggi pada berbagai institut di negeri itu ditempuhnya sambil bekerja di beberapa tempat. Pernyataan yang sesuai dengan biografi tersebut adalah ... a. Jaya Suprana adalah salah seorang kartunis dan pemusik andal. b. Jaya Suprana menghabiskan waktu kuliahnya di Bali. c. Jaya Suprana merupakan salah seorang dari empat berusaudara. d. Ia sekarang menetap di kota Jerman. e. Ia juga dikenal sebagai seorang presenter terkenal. Pembahasan Biografi adalah riwayat hidup seseorang (tokoh) yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup seseorang (tokoh) yang ditulis oleh dirinya sendiri. Pernyataan yang sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah Jaya Suprana adalah salah seorang kartunis dan pemusik handal.
  4. 4. Cermatilah grafik berikut ini! Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik di atas adalah … a. Populasi bebej pada tahun 2007 lebih sedikit daripada 2006. b. Populasi ayam mengalami fluktuasi. c. Populasi ayam tidak selalu lebih tinggi daripada bebek. d. Populasi bebek paling tinggi terjadi pada 2005. e. Populasi ayam tertinggi pada 2005 dan 2008. Pembahasan Pernyataan yang sesuai dengan grafik di atas adalah Populasi bebek pada tahun 2007 lebih sedikit daripada 2006, yakni populasi bebek tahun 2006 adalah 20 sedangkan tahun 2007 adalah 10. 0 20 40 60 80 100 120 2005 2006 2007 2008 Populasi Bebek Populasi Ayam
  5. 5. Bacalah penggalan laporan berikut dengan saksama! Kami berangkat dari lokasi pukul 06.30. Semua peserta masih berpakaian lengkap. Kami beristirahat dan makan siang di Rindu Alam pukul 11.40. Hidangan khas Jawa Barat kami nikmati. Kami berkemas-kemas dan memasuki kendaraan kembali pukul 12.50. Teks di atas ternasuk jenis laporan ... a. kunjungan b. peristiwa c. kegiatan d. perjalanan e. pengamatan Pembahasan Penggalan laporan di atas termasuk laporan perjalanan sebab isinya adalah sebuah perjalanan yang dilakukan oleh “kami”, yang berkunjung ke beberapa tempat dengan dalam waktu tertentu.
  6. 6. Bacalah pargagraf berikut dengan cermat! PT Pupuk Sriwijaya siap menggunakan batu bara sebagai bahan baku pengganti gas alam dalam proses produksi pupuk urea. Teknologi pengolah batu bara ke sintetis gas dengan investasi awal 250 juta dollar AS itu dinilai menjadi salah satu jawaban atas masalah ketidakpastian pasokan gas yang terus berulang sehingga mengancam proses produksi. Tanggapan yang tidak sesuai dengan isi paragraf di atas adalah... a. Batu bara sebaiknya memang dijadikan bahan baku pengganti gas alam. b. Dalam proses produksi pupuk urea, penggunaan batu bara sangat tepat. c. Teknologi pengolah batu bara ke sintetis belum menjawab ketidakpastian pasokan gas. d. Masalah ketidakpastian pasokan gas diramalkan akan terus berulang. e. Ketidakpastian pasokan gas berpotensi mengancam proses produksi. Pembahasan Tanggapan adalah sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dsb). Tanggapan yang tidak sesuai dengan paragraf di atas adalah pilihan Teknologi pengolah batu bara ke sintetis belum menjawab ketidakpastian pasokan gas. Kalimat ini bertentangan dengan isi paragaraf di atas. Teknologi pengolah batu bara ke sintetis justru merupakan salah satu jawaban atas masalah ketidakpastian pasokan gas yang terus berulang.
  7. 7. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak didik. Makna istilah parsial dan kontraproduktif pada paragraf di atas adalah ... a. sepihak dan tidak mampu b. sepotong-potong dan tidak mampu c. sepenggal-sepenggal dan menggagalkan d. tidak genap dan merugikan e. sebagian dan tidak menguntungkan Pembahasan Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, parsial artinya berhubungan atau merupakan bagian dari keseluruhan sedangkan kontraproduktif artinya tidak menguntungkan. Jawaban : E
  8. 8. Pukul 06.00 ketika warga siap-siap berangkat ke tempat tugas, tiba-tiba terdengar ledakan hebat. Semua warga tersebut keluar rumah. Ternyata sumber kebakaran berasal dari rumah Pak Tirto. Seua orang menuju TKP. Penyebab kebakaran ternyata kompor gas yang selangnya bocor. Kalimat tanya berikut ini yang berbentuk klarifikasi adalah ... a. Apakah yang terjadi pada pukul 06.00 pagi? b. Benarkah kebakaran disebabkan bocornya selang gas? c. Apakah penyebab kebakaran di rumah Pak Tirto? d. Mengapa warga sempat keluar rumah? e. Di manakah posisi Pak Tirto ketika rumahnya terbakar? Pembahasan Klarifikasi artinya penjernihan, penjelasan, dan pengembalian kepada apa yang sebenarnya. Kalimat tanya klarifikasi adalah kalimat tanya yang membutuhkan jawaban yang berbentuk penjernihan (pembenaran) apa yang sudah diketahui sebelumnya. Kalimat Tanya yang berbentuk klarifikasinya adalah Benarkah kebakaran disebabkan bocornya selang gas?Kata kuncinya adalah benarkah.
  9. 9. Perhatikan kalimat berikut dengan saksama! Ia berjalan menuju rumah pacarnya. (2) Sesampainya di sana sungguh nasib buruk menimpa. (3) Calon mertua keluar rumah. (4) Matanya tajam menatap ke arahnya. (5) Ia pun masuk rumah dengan gemetar. Kata yang mengalami perubahan makna sinestesia terdapat pada kalimat .... Pembahasan Sinestesia adalah perubahan makna kata akibat pertukaran dua indra yang berbeda. Contoh: Kata-katamu sungguh pedas untuk didengar. Kata pedas seharusnya ditanggapi oleh indra perasa (bibir/mulut) tetapi justru ditanggapi oleh indra pendengaran. Kata yang mengalami perubahan makna sinestesia dalam paragraf di atas terdapat dalam kalimat keempat, yakni kata tajam. Kata tajam seharusnya dirasakan oleh indra peraba (kulit), tetapi kata tajam dalam kalimat “Matanya tajam menatap ke arahnya” dirasakan oleh indra penglihatan (mata). Jawaban: D
  10. 10. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Slamet mengaku urusannya baru lancar setelah memberi uang rokok atau pelicin kepada Ketua RT. (2) Hal inilah yang mengejutkan Triatman. (3) Triatman mengaku sudah dua hari berkasnya terhenti di tangan Ketua RT. (4) Keduanya sepakat menemui Ketua RT demi kelancaran surat pengantar Triatman tersebut. (5) Belum sempat menuju ke rumah Ketua RT, mendadak Ketua RT datang sambil menyerahkan surat pengantar yang diharapkan Kata yang berkonotasi negatif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor .... Pembahasan Makna konotasi negatif artinya makna yang memiliki nilai tambahan rasa yang bersifat jelek (negatif), tidak sopan, kasar, dsb. Kalimat yang mengandung makna konotasi negatif pada paragraf di atas adalah kalimat nomor 1, yakni kata uang rokok atau pelicin. Kata tersebut dikatakan memiliki makna konotasi negatif sebab yang dimaksud dengan uang rokok atau uang pelicin di sini adalah uang suap. Suap menyuap adalah hal yang dilarang oleh ajaran agama (Islam).
  11. 11. Sebagai orang yang berasal dari desa, Kaelani memutuskan kembali ke desa setelah pensiun. Baginya kota semakin padat dan terasa sumpek. Kegemarannya menanam akan kembali ia buktikan. Di angan-angan sudah ada setumpuk keinginan yang segera ia wujudkan. Dua tahun kemudian semua yang ia tanam sudah membuahkan hasil seperti yang diobsesikan. Ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kesuksesan Kaelani dalam bertanam adalah ... a. tangan kemudi b. tangan kanan c. tangan terbuka d. tangan besi e. tangan dingin Pembahasan Arti ungkapan : Tangan kemudi artinya pegangan kemudi. Tangan kanan artinya pembantu utama Tangan terbuka artinya suka menolong, murah hati, (diterima) dengan suka hati Tangan besi artinya bertindak dengan keras dan kejam. Tangan dingin artinya sifat selalu membawa hasil (terutama usaha pertanian, pengobatan, dsb). Ungkapan yang paling sesuai dengan kesuksesan Kaelani dalam paragraf di atas adalah tangan dingin.
  12. 12. Cermati kutipan lirik lagu berikut! Ku tahu kamu pasti merasa apa yang kurasa Pantasnya kamu mencintai yang juga cintai kamu Cinta kamu Reff. Lepaskanlah ikatanmu dengan aku biar kamu senang Bila berat melupakan aku pelan-pelan saja ... Makna ungkapan “lepaskanlah ikatanmu” yang terdapat dalam lirik lagi di atas adalah ... a. Setiap orang harus memahami perasaan orang lain. b. Dalam mencintai sesuatu kita harus berpersepsi sama. c. Memberi kesempatan kepada kekasih untuk bersikap. d. Bila menyenangi seseorang segera lupakan yang lain. e. Untuk melupakan seseorangkekasih bisa seketika. Pembahasan Makna ungkapan ”lepaskanlah ikatanmu” adalah “Memberi kesempatan kepada kekasih untuk bersikap”. Jawaban: D
  13. 13. Bacalah puisi berikut dengan saksama! Dia yang gentayangan di jalan malam Tergoda kepada megah perempuan Tetapi selalu berujung pada ketidakberdayaan Dan Tuhan? Selalu hadir tepat pada saat dibutuhkan Bahkan si Penggoda yang merasa pongah Ini gagah berjalan di jalan-jalan yang salah Dia terima, menjelma jadi kurcaci di telapak tangan-Nya Diberinya kehangatan, lalu dia pulang pada ketentraman.... Oleh: Abdul Wachid B.S. Tema puisi tersebut adalah ... a. Orang yang gentayangan di malam hari. b. Ketidakberdayaan manusia c. Kepongahan manusia pendusta. d. Orang yang merasa gagah di jalan yang salah. e. Ketentraman karena kehadiran Tuhan. Pembahasan Tema adalah pokok permasalahan yang diungkapkan dalam sebuah karangan. Tema puisi di atas adalah Kentraman kehadiran Tuhan. Hal ini terlihat dari larik terakhir “Diberinya kehangatan, lalu dia pulang pada ketentraman”.
  14. 14. Bacalah kutipan novel berikut! Pak Karto terjun dari ketinggian sepuluh meter. Suasana pun senyap. Beberapa lama kemudian, Pak Karto terperanjat. Di luar dugaan, dirinya masih bertahan hidup. Ia menoleh ke atas genting. Sepuluh meter ia terjun dengan harapan pingsan dan mati karena sudah tak tahan menjalani beban hidup. Tahapan alur penggalan novel di atas adalah .... a. pengenalan cerita b. pengungkapan peristiwa c. menuju pada konflik d. puncak konflik e. penyelesaian (ending) Pembahasan Penggalan novel di atas meruapakn penyelesaikan (ending) cerita, sebab si pelaku utama berusaha bunuh diri sebagai akibat puncaknya cerita yakni “pelaku harus menjalani beban hidup hidup”. Jawaban: E
  15. 15. Perhatikan ilustrasi berikut dengan saksama! Sepeninggal ayahya, kehidupan Ramon menjadi sulit. Ia lalu hijrah ke Jakarta. Satu- satunya orang yang dikenal adalah pamannya. Ramon tahu kehidupan pamannya lebih sulit dibanding kehidupannya. Namun, apa boleh buat Ramon terpaksa meminta bantuan pamannya yang jelas-jelasnya tidak dapat memberikan bantuan. Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah… a. Bagai bumi dengan langit. b. Bergantung pada akar lapuk. c. Bagai kambing dihalau ke air. d. Bagai telur di ujung tanduk. e. Berjalan peliharalah kaki berkata peliharalah lidah. Pembahasan Arti peribahasa: Bagai bumi dengan langit artinya perbedaannya sangat jauh. Bergantung pada akar lapuk artinya meminta pertolonga kepada orang yang jelas- jelas tidak bias menolong. Bagai kambing di halau ke air artinya enggan sekali mengerjakan suatu pekerjaan. Bagai telur di ujung tanduk keadaan yang sangat berbaya. Berjalan peliharalah kaki berkata peliharalah lidah artinya jika bertindak hendaklah berhati-hati. Jawaban yang sesuai peribahasa dengan ilustrasi paragraf di atas adalah pilihan Bergantung pada akar lapuk.
  16. 16. Aku dan kakakku ibarat minyak dengan air. Sikap dan gagasan yang kami lontarkan selalu berbeda. Sebagai adik aku mengalah karena ingin selalu menjaga hubungan baik. Apalagi usia kami yang semakin merambat tua. Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam penggalan novel di atas adalah …. a. aku tidak terlibat dalam cerita b. aku sebagai tokoh utama cerita c. aku dan kakak sebagai orang yang bercerita d. kakak sebagai pencerita e. tokoh utama tidak terlibat dalam cerita Pembahasan Sudut pandang atau pont of view adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. Macam-macam sudut pandang : a. Sudut pandang orang pertama Ciri-cirinya: Memakai tokoh aku atau saya dalam cerita. Pengarang menjadi tokoh utama atau tokoh pembantu. b. Sudut pandang orang ketiga Ciri-cirinya: Menggunakan tokoh ia, dia atau memakai nama orang. Pengarang berdiri di luar cerita, tidak memegang peranan.
  17. 17. Bacalah penggalan novel berikut dengan cermat! Setelah ditunggu sejak pagi, tengah hari, melalui corong megafon,penumpang diminta naik ke kapal. Kapal itu adalah kapal besar Lawit yang berlayar ke Kalimantan tapi akan mampir di pulau kecil Belitong. Di bawah terik matahari ribuan manusia antre menaiki tangga kapal.Para petugas susah payah mengatur antrean seperti menertibkan ternak. Kadang-kadang melengking makian tak pantas dari petugas yang lelah. Latar penggalan novel tersebut adalah …. a. Kalimantan b. Belitong c. Lawit d. tangga e. pelabuhan Pembahasan Latar dalam penggalan novel di atas mendeskripsikan keadaan di pelabuhan. Hal ini terlihat dari semua kalimat yang ada pada penggalan novel tersebut. Jawaban: E
  18. 18. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Banjir produk negeri Tirai Bambu itu membuat industri dalam negeri semakin terpuruk lantaran persaingan harga sulit diimbangi. Di sisi lain, industri yang berkaitan dengan teknologi di dalam negeri kian terlelap. Gagasan pokok paragraf di atas adalah …. a. membanjirnya produk negeri Tirai Bambu b. industry dalam negeri terpuruk c. persaingan harga sulit diimbangi d. produk negeri Tirai Bambu lebih murah e. teknologi di dalam negeri terlelap Pembahasan Paragraf di atas termasuk paragraf deduktif, sebab gagasan pokok (gagasan utamanya) ada di awal paragraf, yaitu “membanjirnya produk negeri Tirai Bambu”. Jawaban: A.
  19. 19. Cermatilah paragraf berikut! Memang bukan pertama kali ini saja SD Pagersari memberikan makanan tambahan. Makanan tambahan tersebut berupa bubur kacang hijau untuk asupan gizi para siswanya. […] sangat senang menyantap bubur kacang hijau bersama-sama. Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf agar menjadi padu adalah …. a. Kami b. Saya c. Ia d. Kita e. Mereka Pembahasan Agar menjadi padu kalimat ketiga harus diawali dengan kata Mereka (kata ganti orang ketiga jamak) sebagai pengganti kata para siswa yang disebutkan pada kalimat sebelumnya. Jawaban : E
  20. 20. Bacalah paragraf berikut! Karena pos pendapatan tiap bulan sudah jelas, mereka yang berpenghasilan tetap seperti pegawai tentu akan lebih mudah membuat anggaran belanja keluarga dan mengatur pengeluarannya. Biasanya akan lebih sulit membuat anggaran belanja bagi mereka yang berpenghasilan tidak tetap. {…} Perlu diketahui, penghasilan boleh tidak tetap, tetapi pengeluaran rutin harus tetap. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah … a. Di sinilah perlunya sikap hati-hati. b. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa dibuat. c. Dengan demikian, kita perlu berpikir cerdas. d. Namun, itu tidak menjadi persoalan bagi PNS. e. Banyak orang mengerutkan kening untuk berpikir. Pembahasan Bagian yang dirumpangkan harus diisi dengan kalimat menggunakan kata penghubung akan tetapi sebab isinya menyatakan pertentangan dengan kalimat sebelumnya. Jawaban: B
  21. 21. Bacalah paragraf berikut ini dengan saksama! Pukul 02.00 dini hari Sardi sudah bersiap-siap menuju pasar. (2) Bersama istrinya, lelaki 60 tahun itu harus bahu-membahu dalam bekerja. (3) Sambil menunggu istrinya berbelanja, Sardi bisa menikmati jajanan beraneka- ragam. (4) Menunggu tanpa kegiatan, pasti menjenuhkan. (5) Bertahun- tahun mereka menjalani rutinitas hidup semacam itu. Kata bercetak miring yang penulisannya tidak sesuai dengan EYD terdapat pada kalimat nomor … Pembahasan Kata yang bercetak miring yang penulisannya tidak sesuai dengan EYD terdapat pada kata beraneka-ragam. Kata tersebut tidak usah memakai kata penghubung. Yang benar penulisannya adalah beranekaragam.
  22. 22. Bacalah penggalan karangan berikut ini! Sedikitnya 61 ekor unggas di Dukuh Mungur RT 01, Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, mati mendadak dalam dua pekan terakhir. Puluhan unggas yang mati mendadak itu dinyatakan positif terinfeksi virus avian influenza (A1) atau dikenal sebagai virus flu burung. Unggas-unggas itu kemudian dimusnahkan agar tidak menular ke unggas lain yang masih sehat. Dengan demikian masyarakat di Dukuh Mungur RT 01, Desa Karanganyar, khususnya yang memiliki unggar, merasa tenang dan aman. Penggalan teks di atas termasuk jenis karangan …. a. narasi b. deskripsi c. persuasi d. eksposisi e. argumentasi
  23. 23. 1. narasi adalah karangan yang berbentuk cerita, 2. deskripsi karangan yang bersifat menggambarkan suatu keadaan, 3. persuasi karangan yang tujuan utamanya adalah membujuk agar pembaca terpengaruh oleh pola pikir si penulis, 4. eksposisi karangan yang sifatnya memberikan penjelasan, 5. argumentasi adalah karangan yang didalamnya dikemukakan berbagai alasan dengan tujuan utamnya mempengaruhi pembaca agar mengikuti pola pikir si penulis. Penggalan karangan di atas termasuk karangan eksposisi sebab sifatnya memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa di dusun Dukuh Bungur banyak unggar yang mati akibat dari adanya virus flu burung, dan telah ditangani petugas.
  24. 24. Pikiran utama : Kelangkaan dan kenaikan harga minyak tanah diramalkan akan menambah angka kemiskinan. Pikiran penjelas : (1) Kelangkaan minyak tanah, (2) Antrean pembeli minyak tanah di banyak daerah. (3) Ketakutan beralih elpiji. (4) Lebih nyaman beralih ke kayu. (5) Beralih ke solar yang lebih murah. (6) Pedagang minyak tanah beralih ke bensin. Pikiran penjelas yang tidak sesuai dengan pikiran utama tersebut adalah …. a. (1) dan (4) b. (2) dan (4) c. (3) dan (5) d. (4) dan (5) e. (5) dan (6) Pembahasan Pikiran penjelas yang tidak sesuai dengan pikiran utama di atas adalah kalimat nomor (5) beralih ke solar yang lebih murah. Hal ini tidak mungkin sebab fungsi solar sangat berbeda dengan minyak tanah. Dan kalimat nomor (6) Pedagang minyak tanah beralih ke bensin. Hal ini juga kalau juga tidak akan menambah angka kemiskinan sebab mereka yang tadinya mendapat hasil dari berjualan minyak tanah, setelah beralih ke jualan bensin juga mereka tetap mendapatkan penghasilan.
  25. 25. Perhatikan judul proposal dan jenis kegiatan berikut! Judul Proposal : Ulangan Tahun Sekolah Jenis Kegiatan: 1. Lomba membuat taman sekolah 2. Lomba berpidato antarkelas 3. Mendata calon penerima beasiswa 4. Memberi beasiswa bagi murid berprestasi 5. Mengadakan seminar pendidikan Jenis kegiatan yang tidak sesuai dengan judul proposal di atas ditandai dengan nomor …. Pembahasan Mendata calon penerima beasiswa tidak tepat dilakukan saat ulang tahun sekolah. Pada saat ulangan tahun sekolah bukan harus mendata calon penerima beasiswa tapi harus memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi.
  26. 26. Perhatikan penulisan berikut ini! No : 04/V/DW/09 Lamp : 1 lembar Hal : Undangan Lomba Penulisan nomor, lampiran, dan hal surat tersebut yang tepat adalah …. Nomor : 04/V/DW/09 Lampiran : (1) lembar Hal : Undangan Lomba Nomor : 04/V/DW/09 Lampiran : Satu lembar Hal : Undangan lomba Nomor : 04/V/DW/09 Lampiran : Satu (Lembar) Hal : Undangan Lomba Nomor : 04/V/DW/09 Lampiran : 1 (satu) lembar Hal : Undangan Lomba Nomor : 04/V/DW/09 Lampiran : 1 lbr Hal : Undangan Lomba Pembahasan : Penulisan nomor surat sudah betul untuk semua pilihan, penulisan lampiran yang benar adalah 1 (satu) lembar, dan penulisan hal surat yang sesuai dengan EYD adalah diawali dengan huruf kapital (Undangan Lomba).
  27. 27. Bacalah penggalan surat permohonan izin berikut! Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Kalimat penutup surat permohonan izin tersebut akan menjadi tepat apabila menjadi …. a. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. b. Atas pemberiannya saya ucapkan terima kasih. c. Pemberian izin Bapak diucapkan terima kasih. d. Terima kasih izin yang telah Bapak berikan. e. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih. Pembahasan Penggunaan –nya pada kata perhatiannya tidak tepat digunakan, sebab nya termasuk kata ganti orang ketiga. Sedangkan antara penulis surat dan pembaca surat adalah orang kesatu dan orang kedua. Jadi yang benar digunakan untuk menggantikan kata nya adalah Bapak. Ibu, Saudara, Anda, dsb.
  28. 28. Cermatilah penggalan surat kuasa yang dirumpangkan berikut! Memberikan kuasa kepada pihak II Nama : Raissa Nugrhita Putri No KTP : 5562.0914.5676 Alamat : Jl. Gergaji Palem No. 92 Semarang. untuk mengambil honorarium dua artikel yang dimuat Harian Saudara tertanggal 1 dan 8 Februari 2010 […] Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan ternyata belum dibayarkan, surat kuasa ini dinyatakan tidak berlaku. Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat kuasa yang dirumpangkan di atas adalah a. Waktu pengambilan honorarium tidak dibatasi. b. Honor tersebut untuk artikel yang diharap bisa dimuat. c. Batas waktu pengambilan honorarium 25 Februari 2010. d. Bagian bendahara harus menelepon pemberi kuasa. e. Pembayaran honor ditransfer melalui rekening bank. Pembahasan Kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat yang dirumpangkan di atas adalah Batas waktu pengambilan honorarium 25 Februari 2010. Kata kuncinya terdapat pada kata … batas waktu…
  29. 29. Cermati kutipan pengumuman berikut! BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN SEKRETARIS UTAMA Jl. Pramuka Nomor 33, Jakarta 13120 Telepon 05910031 PENGUMUMAN Nomor : PENG-1236/SU/02/2009 TENTANG PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN TAHUN ANGGARAN 2006 Dalam rangka mengisi Formasi Pegawai Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Tahun Anggaran 2009 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan akan menerima 15 (lima belas) orang Warga Negara Indonesia untuk mengisi lowongan. Kalimat pembuka lamaran pekerjaan yang sesuai dengan pengumuman tersebut adalah …. a. Mengingat pengumuman Nomor: PENG-1236/SU/02/2009 tentang calon…. b. Dengan membaca pengumuman Nomor: PENG-1236/SU/02/2009 tentang penerimaan calon…. c. Berdasarkan pengumuman Nomor: PENG-1236/SU/02/2009 tentang penerimaan calon…. d. Setelah membaca pengumuman Nomor: PENG-1236/SU/02/2009 tentang penerimaan calon…. e. Saya telah membaca pengumuman Nomor: PENG-1236/SU/02/2009 tentang penerimaan calon….
  30. 30. Cermati ilustrasi berikut ini! Senin 1 Februari 2010 sampai Kamis 4 Februari 2010, siswa kelas XII akan melaksanakan try-out. Agar kegiatan tersebut berjalan dengan tertib, siswa kelas X dan XI masuk setelah pukul 10.00 WIB. Kalimat pengumuman yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas adalah … a. Diumumkan kepada siswa kelas X dan XI bahwa pada Senin s.d. kamis (1 s.d. 4 Februari 2010) masuk pukul 10.00 WIB karena kelas XII akan melaksanakan try-out. b. Kelas X dan XI harap masuk pukul 10.00 WIB selama try-out. Sementara itu kelas XII harus mempersiapkan diri karena akan try-out. c. Selama try-out lebih baik siswa kelas X dan XI masuk pukul 10.00 WIB. Sedangkan kelas XII tetap masuk seperti biasa. d. Untuk menjaga ketenangan pelaksanaan try-out, kelas X dan XI sebaiknya masuk pukul 10.00 WIB. e. Diumumkan kepada kelas X dan XI lebih baik masuk pukul 10.00 WIB karena ada kegiatan try-out. Jawaban: A
  31. 31. Cermatilah kalimat rumpang berikut! Cabang angkat besi dan wushu menjadi dua dari lima cabang yang diandalkan Komite Olahraga Nasional Indonesia di Asean Games XVI 2010 Guangzhou, November mendatang. Namun, kedua tim pada cabang tersebut tidak sesumbar untuk dapat […] medali emas kepada KONI. Kata yang tepat untuk melengkapi bagian kalimat yang dirumpangkan adalah…. a. menyodorkan b. menyumbangkan c. menghasilkan d. mendapatkan e. Mendatangkan Pembahasan Diksi yang paling tepat untuk melengkapi kalimat yang dirumpangkan di atas adalah menyumbangkan, sebab kata ini sesuai dengan konteks kalimat terakhir paragraf di atas.
  32. 32. Perhatikan ilustrasi berikut! Dampak pemanasan global kian memprihatinkan. Cuaca ekstrem dan tidak menentu sudah sering kita rasakan. Bencana alam berupa banjir dan tanah longsor terjadi di mana-mana. Kalimat poster yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah … a. Bencana alam harus kita perhatikan. b. Cuaca ekstrem harus kita waspadai. c. Banjir dan tanah longsor melanda Indonesia. d. Selamatkan bumi untuk anak cucu kita. e. Pemanasan global menyebabkan banjir. Pembahasan Kalimat poster yang cocok sesuai ilustrasi di atas adalah Selamatkan bumi untuk anak cucu kita. Kalimat ini lebih persuasif mengajak kita untuk menjaga alam agar terhindari dari berbagai bencana.
  33. 33. SEMOGA SUKSES DALAM UJIAN
  • juliantomm

    Sep. 30, 2017
  • FauziNugraha5

    Apr. 2, 2017
  • YudhistiraHatta

    Dec. 1, 2016
  • NurfaidahSaadyunus

    Nov. 5, 2016
  • UswatunHasanah72

    Nov. 2, 2016
  • jaliafardila

    Oct. 17, 2016
  • widyawulan

    Apr. 3, 2016
  • ayensssss

    Mar. 16, 2016
  • 100003507188657

    Mar. 15, 2016
  • muhammaderik1

    Mar. 14, 2016
  • LukasLabiro

    Feb. 26, 2016
  • nurul_athria

    Feb. 21, 2016
  • aansaputra7399

    Feb. 17, 2016
  • SyifaSyifa4

    Feb. 4, 2016
  • anggaBaskara1

    Jan. 24, 2016
  • Deviyul

    Jan. 3, 2016
  • wdysyavira

    Dec. 8, 2015
  • SmpMahadIslam

    Nov. 10, 2015
  • MukaryonoUkar

    Nov. 4, 2015
  • mitcharingostar

    Oct. 29, 2015

Diperuntukan sebagai penunjang belajar siswa dalam menghadapi ujian nasional Bahasa Indonesia. Dilengkapi pembahasan.

Vues

Nombre de vues

156 373

Sur Slideshare

0

À partir des intégrations

0

Nombre d'intégrations

3 223

Actions

Téléchargements

4 142

Partages

0

Commentaires

0

Mentions J'aime

63

×