Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Naskah drama

  • Soyez le premier à commenter

Naskah drama

  1. 1. Perjalanan Hidup Si Gadis PincangDisuatu sekolah, teng… teng... teng... (bel masuk pun berbunyi) siswa-siswi pun masuk kekelas masing-masing termasuk siswa-siswi kelas XI IPA 1. Dan tak lama kemudian Ibu Gurupun masuk ke kelas itu.Ibu Guru : Assalamu’alaikum.Siswa/i : Wa’alaikumsalam.Ibu Guru : Baiklah anak-anak, sebelumnya Ibu mau absen kalian dulu, apa ada yang tidak hadir hari ini??Olive : Gak ada buk...Ibu Guru : Owh... baiklah kita langsung saja melanjutkan pelajaran kemarin tentang.... (Ibu Guru menerangkan pelajaran, saat belajar mengajar Chelsea terlihat aktif, ia dapat menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan Ibu Guru)Teng… teng... teng... (bel pulang pun berbunyi)Ibu Guru : Baiklah anak-anak sebelum pulang lihat hal 157! Silahkan dikerjakan dirumah!Siswa/i : Baik bu...Ibu Guru : Assalamu’alaikum.Siswa/i : Wa’alaikumsalam.Ibu Guru pun meninggalkan kelas dan begitu juga dengan beberapa siswa-siswi lain.Gunawan : Chel... Entar sore kita kerjain tugas ini dirumah kamu ya??Jesika : Aku juga Chel, boleh kan??Olive : Ia Chel boleh kan?? Habisnya aku gak terlalu ngerti tu sama pelajaran iniEchy : Masak sih... perasaan bukan cuma pelajaran ini aja deh (goda Echy)Olive : Iihh... perasaan kita tu sama aja deh... (sebel)Echy : Enak aja... Engg...Chelsea : Udah... udah... kok malah berantem sih kayak anak kecil aja. Entar sore datang aja ke rumahku... gak apa-apa kok.Echy : Habisnya...Chelsea : Echy.... (menegur)Echy : (tersenyum) ia deh... nona manis... eh... kamu piket kan?? 1
  2. 2. Chelsea : (mengangguk)Echy : Kalau gitu... gi sana piket, aku tunggu kok...Olive : Ya udah, kita pulang duluan ya?? dada semua...Jesika : Sampai ketemu nanti Chel...Chelsea & Echy : Dada.... (tiba-tiba genk Cindy datang)Cindy : (melempar sapu ke arah Chelsea) Hai!! Pincang!! Bersihin ni kelas, gue capek! (suara keras)Zahra : Kamu tu apa-apaan sih Cin???Cindy : Kenapa sih Ra??Zahra : Tapi kan...Agnes : Udah lah Ra... Lagian sih pincang itu pantas dapatin ini semua.Syilfa : Iya Ra, si pincang miskin ini gak usah dikasihani deh.Echy : Kalian ini kenapa sih???Syilfa : Diam deh... gue enggak ngomong sama loe, ngerti loe...Cindy : Loe emang nggak se miskin si pincang... tapi... loe nggak ada apa-apanya di banding kita-kita. Mau bokap loe gue pecat dari perusahaan bokap gue, mau!!!Echy : Sorry Cin (menunduk)Chelsea : Jadi karena aku miskin, kalian bersikap seperti ini?!!Cindy : Ia... salah satunya!!!Chelsea : Jadi masih ada lagi??Cindy : Jelas...Zahra : Cin... Jangan kayak gitu dong...Agnes : Biarin ajalah Ra... biar dia tau cara menghargai anak-anak konglomerat kayak kita-kita, ia gak?Cindy & Syilfa : Yo...i sob...Zahra : Tapi Nes...Agnes : Udahlah Ra... kita pulang aja... nggak apa-apa kan sob!!!Syilfa : Santai aja sob, biar kita-kita yang ngajarin sopan santun sama ni anak. 2
  3. 3. Zahra dan Agnes pun meninggalkan kelas dan pulang ke rumah masing-masing.Cindy : Ehh... urusan kita belum selesai ya...!!!Chelsea : Jadi, apa lagi yang bikin kalian bersikap seperti ini ke aku?Syilfa : Karena loe si miskin pincang yang sok belagu!Chelsea : Aku emang miskin, aku juga pincang, tapi aku nggak...Syilfa : Enggak sok belagu maksud loe!!! Terus apa kabarnya ulangan-ulangan kita kemarin yang anjlok gara-gara loe pelit, hee?Chelsea : Tapi kan niat aku baik, aku gak pengen kalian tergantung sama orang lain, lagi pula nyontek itu kan gak baik...Echy : Ia itu benar...Cindy : Ehhh (memandang Echy) apa hak loe ngomong, mending loe pikirin aja tu bokap loe, loe gak mau kan, nyokap loe yang jantungan tu is ded gara-gara bokap loe di PHK.Echy : Maafin aku Cin, jangan PHK bokap aku...Cindy : Makanya... diam!!Syilfa : Ehh (mendorong Chelsea) buat loe, loe tu bisa sekolah disini karena beasiswa yang diambil dari uang donatur bokap-bokap kita, jadi udah seharusnya loe berterima kasih dengan cara bantuin kita, termasuk bantuin kasih contekan.Cindy : Dan piket sendirian, tentunya.Chelsea : Tapi, ini kan tugas kita.Cindy : Eh, loe gak berharap gue bakal nyapu kan, di rumah aja gue gak pernah, apalagi disini!Syilfa : Eictt... satu lagi jangan sok keganjenan deh sama Gunawan, sok mau belajar bareng lagi, loe tu gak pantas sama Gunawan, kayak langit sama bumi, gak kayak Zahra.Cindy & Syilfa : Hahaha.....Chelsea : Tapi aku kan sama sekali gak dekatin Gunawan...Cindy : Ehh... jangan sok polos deh, dasar muna. Kasian banget ya Zahra, terlalu baik sama loe!Syilfa : Udahlah Cin, pulang aja yuk, percuma ngomong sama dia.Cindy : Yuk... piket yang benar ya... awas loe! 3
  4. 4. Cindy dan Syilfa pun meninggalkan kelas, kemudian Chelsea pun piket.Echy : Sorry ya Chel... aku gak bisa bantu...Chelsea : Gak apa-apa kok, mungkin akunya aja yang lagi sial. Bisa di tugasin di hari yang sama dengan Cindy deh Ibu Guru.Chelsea : (kelas telah bersih) udah selesai nih pulang yuk.Echy : Ayuk...Chelsea dan Echy pun meninggalkan kelas dan pulang ke rumah masing-masing. Sesampai dirumah, Chelsea pun masuk, ternyata di rumah sedang ada tamu, yaitu seorang laki-lakisetengah baya bersama dengan Zahra, teman sekelasnya.Chelsea : Assalamu‘alaikum.Semua : Wa’alaikumsalam.Ayah : Ini pasti Chelsea ya (memandang Alya dan Alya mengangguk) Ya Allah... ternyata kamu sudah besar nak dan tumbuh menjadi anak yang cantik.Chelsea : Bapak ini siapa ya??Alya : Chel, bapak ini....Ayah : Ayah minta maaf Chel, selama ini Ayah...Chelsea : Ayah?? Maksud bapak apa? Ayah Chelsea pasti bukan bapak!! Ia kan kak??Alya : (menunduk) Chel...Chelsea : Ia kan kak?? Ayah Chelsea bukan bapak ini kan?? Ia kan kak?? Jawab! Jawab kak!!Alya : Chel... ia... seperti yang Chelsea lihat.Chelsea : Ia??! Ia apa kak? Maksud kakak apa? Chelsea nggak ngerti.Alya : Ba-ba-bapak ini Ayah kita Chel... Ayah kita.Chelsea : Gak mungkin, gak mungkin, gak mungkin!!! Kakak pasti bercanda, terus Zahra ini?Zahra : Ternyata kamu kakak aku Chel...Chelsea : Nggak mungkin, kalian pasti bohong...Alya : Chel... udah, tenang...Chelsea : Dia udah ninggalin kita kak, seharusnya dia gak usah kembali lagi, Chelsea gak butuh, pergi kalian! 4
  5. 5. Ayah : Maafkan Ayah...Chelsea : Kalau dengan minta maaf semua bisa beres, buat apa ada hukum!!Zahra : Chel, kamu gak bisa ngomong gitu donk...Chelsea : Kenapa enggak?!! Sekarang aku tanya sama kamu, apa kamu ikhlas nerima aku, haa (Zahra hanya menunduk) nggak kan?Zahra : Tapi Chel, papa orang yang baik.Chelsea : Karena dia gak pernah ninggalin kamu! Kamu gak tau kan rasanya dibuang!Alya : Udah!! Sekarang Alya mohon, Ayah pergi dulu...Ayah : Tapi Al... Ayah kesini untuk menebus kesalahan Ayah. Ayah sangat merindukan kalian.Alya : Selama ini Ayah kemana aja? Kenapa baru sekarang? Ayah gak tau kan gimana menderitanya bunda? Bahkan di detik-detik kematiannya, bunda masih sangat mencintai Ayah.Ayah : Alya...Alya : Jadi, apa menurut Ayah bakalan mudah nerima Ayah kembali, Ayah kembali setelah bunda dan isteri Ayah tiada, ini gak mudah Ayah... setidaknya kami butuh waktu Ayah...Ayah : Maafkan Ayah, ini memang salah Ayah, baik... Ayah pulang, Assalamu’alaikum...Alya : Wa’alaikumsalam...Ayah dan Zahra pun pulang.Alya : Chel... kakak tau ini berat, dia sudah terlalu lama meninggalkan kita, bagaimana pun kita membenci dia, dia tetap Ayah kita.Chelsea : Gak kak, kalau bukan karena dia, bunda gak akan semenderita itu dan kakak juga gak perlu...Alya : Chel... kakak juga benci dia, tapi...Chelsea : Kakak gak ngerti perasaan Chelsea, orang itu ninggalin bunda karena Chelsea lahir kak...Alya : Ayah nikah lagi sebelum kamu lahir Chel...Chelsea : Ia, tapi dia ninggalin bunda karena Chelsea terlahir cacat kak, banyak kok tetangga kita yang bilang. 5
  6. 6. Alya : Chelsea...Chelsea : Chelsea benci laki-laki itu kak, bahkan sekarang sama anaknya, rasanya pengen banget bikin dia ngerasain apa yang dirasain bunda.Kemudian datanglah teman-teman Chelsea untuk belajar bersama.Semua : Assalamu’alaikum...Chelsea : Wa’alaikumsalam. Masuk yuk, silahkan duduk...Semua membuka buku dan belajar, namun Chelsea hanya melamun saja, lalu datang kakAlya menyuguhkan makanan.Alya : Hmm... ini ada cemilan dikit, mudah-mudahan kalian suka...Semua : Makasih ya kak...Alya : Ia sama-sama, selamat belajar.Namun Chelsea masih asyik dengan lamunannya.Olive : Chel... yang ini caranya gimana? (Chelsea hanya diam)Echy : Kamu kenapa Chel??? Sakit?!Chelsea : Gak tau nih, kayaknya aku kurang enak badan.Echy : Kamu tu kayak orang yang lagi banyak pikiran, tau gak sih...Olive : Ya udah, kalau gitu sampai disini aja, kita pulang dulu ya, Chel...Jesika : Kamu istirahat aja ya, Chel...Chelsea : Sorry ya teman-teman.Semua : Gak apa-apa kok, kita lanjutin besok aja...Keesokan harinya di sekolah, saat jam istirahat Chelsea sengaja mendekati Gunawan, yangsedang menggambar untuk memanas-manasi Zahra.Chelsea : Wih... bagus banget gambarnya, emang siapa nih, mamanya Gunawan ya..??Gunawan : Ia...Chelsea : Dengan ngeliat gambar ini, Chelsea jadi kangen sama bunda, kangen sama senyumannya, wajahnya, masakannya, pokoknya semuanya deh (murung)Gunawan : Chelsea sedih ya??!Chelsea : Gak kok (Chelsea tersenyum dan Gunawan pun ikut tersenyum) 6
  7. 7. Di sisi lain, Cindy dan Syilfa yang baru saja dari kantin menghampiri Zahra yang sedangterlihat cemburu, lalu mereka pun mendekati Gunawan dan Chelsea.Cindy : Hai Gun, tadi Dito nyari loe, gak tau deh ada apa, mending sekarang loe cari dia, kali aja penting deh.Gunawan : Emang sekarang dia dimana??Syilfa : Tadi sih di kantin, gak tau deh sekarang dimana...Gunawan : Ya udah, sekarang aku cari Dito dulu.Gunawan pun meninggalkan kelas untuk menemui Dito. Olive dan Echy memasuki kelasuntuk bertemu dengan Chelsea.Syilfa : Eh (mendorong Chelsea) gue kan udah peringatin loe, jangan sok keganjenan, punya telinga gak sih loe.Agnes : Jangan-jangan selain pincang, loe juga budek ya, ya ampun kasian banget sih jadi loe.Cindy : Dasar cewek kegatelan, apa nyokap loe gak pernah ngajarin loe apa, he!Chelsea : Kalian boleh hina aku, tapi enggak dengan bunda aku, kalian gak tau kan siapa bunda aku...?!Agnes : Paling juga kayak loe!Cindy, Agnes & Syilfa : Ke-gan-je-nan...Olive : Kalian tuh kok kasar banget sih...Agnes : Diam! Pergi loe sana!Olive pun keluar.Chelsea : Aku peringatin sekali lagi sama kalian, jangan pernah hina bunda aku.Syilfa : (menampar Chelsea) Berani ya loe ngancam kita-kitaZahra : Syil, udahlah Syil...Chelsea : Bukannya yang duluan mulai itu kalian.Agnes : Tambah ngelunjak loe ya! Apa jangan-jangan loe udah bosan sekolah disini! Gampang kok! Gue tinggal nelpon bokap gue, dijamin besok loe gak akan sekolah disini lagi, mau loe gue buktiin?!Chelsea : Tapi aku kan cuma...Cindy : Cuma apa? Haa...? 7
  8. 8. Zahra : Sob udahlah, aku gak apa-apa kok, bagi aku gak masalah, karena...Chelsea : Kamu tu gak usah sok baik, dasar muka dua!Echy : Chelsea...Cindy : (memukul Chelsea) Kok loe malah nyolot sama Zahra sih, kurang baik apa Zahra sama loe, dasar gak tau terima kasih...Ibu Guru pun masuk bersama Olive begitu pula Gunawan.Bu Guru : Apa-apaan ini, apa yang terjadi?! Echy ada apa ini!Echy : Mmh, me-mereka bertiga...Bu guru : Siapa??!Echy : Cindy, Agnes dan Syilfa jahatin Chelsea buk!Bu guru : Kalian bertiga ikut Ibu, kamu juga Zahra!Ibu Guru, Cindy, Agnes, Syilfa dan Zahra meninggalkan kelas.Gunawan : Kok Ibu Guru malah bawa Zahra juga sih??Olive : Mana kita tau...Echy : Chel, tadi kok loe juga ngomong kasar sama Zahra.Chelsea : Ini urusan aku (meninggalkan kelas).Gunawan, Olive & Echy : Chelsea (mengikuti Chelsea) loe kenapa?!Di ruang guru.Ibu Guru : Kalian apa-apaan sih, sudah belajar jadi preman kalian.Cindy, Agnes & Syilfa : Tapi kan buk...Ibu Guru : Sudah, Zahra... Ibu tau kamu anak yang baik. Jadi, tolong jawab dengan jujur, apa mereka sering memukul Chelsea?Zahra : Itu karena mereka peduli sama Zahra buk, jadi maafkan mereka buk...Ibu Guru : Jadi ternyata benar!Cindy : Ini bukan salah loe kok Ra.Zahra : Tapi Cin...Syilfa : Buk, ini gak ada hubungannya sama Zahra.Ibu Guru : Zahra, silahkan keluar. 8
  9. 9. Zahra : Tapi buk...Ibu Guru : Silahkan keluar...Zahra : Baik buk...Zahra meninggalkan ruang Guru.Ibu Guru : Ibu dengar kalian sering sekali menghina Chelsea. Ibu gak habis pikir samakalian...Agnes : Kami bicara apa adanya kok buk, memang dia gadis pincang dan miskin yang sok belagu kok.Ibu Guru : Agnes, jaga ucapan kamu, kamu ini anak Kepala Sekolah, seharusnya kamu memberi contoh yang baik kepada teman-teman kamu.Syilfa : Tapi itu benar kok buk...Ibu Guru : Ternyata Ibu benar, jadi syukurlah Ibu tidak membawa Chelsea bersama kalian, jadi dia tidak perlu mendengarkan hinaan ini untuk kesekian kalinya. Sekarang Ibu tanya sama kalian, apa Chelsea pernah menghina kalian? Sebelumnya Ibu minta maaf, apa Chelsea pernah menghina kamu Cin karena orang tua kamu bercerai? Atau kamu Syil, apa Chelsea pernah menghina kakak kamu yang buta?Agnes : Gak ada hubungannya kali buk...Ibu Guru : Agnes!!Cindy & Agnes : Gak buk, Chelsea gak pernah seperti itu.Ibu Guru : Jadi sekarang, apa masalah kamu Nes?Agnes : Agnes benci sama dia buk... kenapa sih papa selalu bandingin-bandingin Agnes sama dia... dibilang nilai Agnes jelek lah gak kayak Chelsea, nyebelin kan buk...Ibu Guru : Ibu rasa niat papa kamu baik Nes... papa kamu mau agar kamu bisa lebih baik lagi, maka jadikan ini batu loncatan agar kamu lebih giat belajar bukannya bersikap seperti ini.Agnes : Tapi bu... papa itu lebih sayang Chelsea yang bukan siapa-siapa dibandingAgnes...Ibu Guru : Enggak Nes!! Orang tua itu kan lebih sayang anaknya. Ibu tahu itu, karena Ibu juga orang tua...Cindy : Itu benar Nes...Cindy & Syilfa : Kami minta maaf buk... kami juga akan minta maaf sama Chelsea buk... 9
  10. 10. Agnes : Saya juga buk, tapi saya mohon jangan beritahu soal ini sama papa buk...Ibu Guru : Baik, Ibu berjanji dan tidak akan memperpanjang masalah ini lagi, asal kalian berjanji tidak mengulangi perbuatan ini lagi.Semua : Baik buk... terima kasih buk...Ibu Guru : Ia, sama-sama.Saat pulang sekolah, setiba Chelsea di rumah, ia sangat terkejut ketika yang dilihatnya bukansaja kak Alya, namun juga Ayah dan Zahra.Chelsea : Apa yang kalian lakukan disini!Alya & Ayah : Chelsea...Zahra : Chel, liat nih (memperlihatkan baju baru) papa beliin ini buat kita, buat kak Alya juga ada, bagus kan?Ayah : Ia Chel, Chelsea pasti cantik pakai baju ini, seperti bunda...Chelsea : Diam kamu, jangan pernah memanggil bunda dihadapan aku, setelah kamu menghianati bunda.Zahra : Kamu gak boleh gitu dong Chel...Chelsea : Kamu tu diam deh, lagian kalian tu gak ada bedanya tau, sama-sama muna, dasar bajingan kalian.Ayah : Chelsea (menampar Chelsea, namun ia menyesal dan terus menatap tangan yang telah menampar Chelsea) Maafin Ayah nak, Ayah khilaf...Chelsea : Kamu!!! Apa hak kamu mukul aku, hee kamu gak punya hak...Ayah : Maafkan Ayah nak!!Chelsea : Hentikan!!! Jangan pernah memanggil aku dengan sebutan seperti itu lagi, aku benci punya Ayah buaya seperti kamu!! Aku benci...Ayah : (memegang dadanya lalu terjatuh)Alya : Ayah... Ayah... Ayah... Ayah kenapa??!Zahra : Papa... Papa... (mengambil obat dari kantong papa)Alya : Zahra... Ayah kenapa?? Kenapa??!Zahra : Ayah udah lama jantungan kak... Papa minum obat ya... terus kita ke rumah sakit pa... 10
  11. 11. Gunawan, Olive, Echy dan Jesika pun datang untuk belajar bersama, yang hampir bersamaandengan kedatangan Agnes, Syilfa dan Cindy. Mendengar kekacauan di dalam mereka punmasuk, betapa terkejutnya mereka melihat situasi di dalam.Ayah : Gak usah sayang, bukan itu yang Ayah butuhkan, Ayah butuh maaf, maafkan Ayah... Ayah menyesal...Alya : Ia... Ayah... Ia...Ayah : Terima kasih Al... Chel... (menatap Chelsea)Zahra : Chel, maafin Papa Chel... kasihan Papa...Alya : Chel... demi bunda... bunda pasti sedih disana liat anaknya seperti ini...Chelsea : (mendekati ayah) Ia...Ayah : Bisakan, Chelsea panggil Ayah?Zahra : Mohon Chel...Chelsea : A... A... Ayah maafin Chelsea... Chelsea udah keterlaluan.Ayah : Terima kasih nak...Zahra : Eh kalian...Olive : Ia, tadinya kami ingin belajar bersama.Echy : Ternyata kalian saudara ya...Chelsea : Ia, kami saudara...Cindy, Agnes & Syilfa : Chel... maafkan kami, om maafkan kami sudah menyakiti anak om.Ayah : Chel...Chelsea : Ia gak apa-apa kok, santai aja Ayah...Cindy, Agnes & Syilfa : Makasih Chel...Chelsea : Ia...Echy : Oh ya om, ini Gunawan pacarnya Chelsea om...Chelsea : Gak kok... Boong Yah, ni Zahra kali, ya gak Gun...?!Gunawan & Zahra : (tersenyum)Semua : A... hayy... ada yang lagi jatuh cinta nih. Suit... suit... Haha... ha..... 11
  12. 12. DRAMAPERJALANAN HIDUP SI GADIS PINCANG D I S U S U N OLEH: KELOMPOK I 1. Desi Lasmi sebagai Chelsea 2. Reska Zahera sebagai Zahra 3. Yustania sebagai Ibu Guru 4. Henny Yoriza sebagai Alya 5. Fadhli Syar sebagai Gunawan 6. Wahdi Saputra sebagai Ayah 7. Rida Helyani sebagai Olive 8. Ayu Atika sebagai Echy 9. Novita Safitri sebagai Cindy 10. Fitri. K sebagai Syilfa 11. Wiwik Slastari sebagai Agnes 12. Ani Yuliza sebagai JesikaMADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK T.P. 2011-2012 12

×