Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Infographic - Electrical Fire Safety

387 vues

Publié le

Saat ini, listrik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sulit membayangkan bagaimana kita bisa beraktifitas tanpa listrik. HP, internet, televisi; semuanya adalah sebagian kecil dari keseharian kita yang membutuhkan tenaga listrik. Listrik seolah sudah menjadi kawan. Tanpanya, hidup terasa sepi dan membosankan.
Namun tahukah Anda bahwa listrik juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kebakaran? Berdasar laporan National Fire Protection Association (NPFA), dalam kurun waktu 2007-2011, 13% dari seluruh kasus kebakaran bangunan di Amerika disebabkan oleh kegagalan listrik (electrical failure).
Sepanjang tahun 2011 sendiri dilaporkan telah terjadi 47,000 kasus kebakaran oleh listrik yang mengakibatkan:
418 orang meninggal dunia
1.570 orang mengalami cedera/luka-luka
kerugian material senilai $1,4 milyar
Yang menarik, hampir setengah (48%) dari kasus kebakaran oleh listrik tersebut bermula dari peralatan penerangan dan distribusi listrik. Sisanya, berasal dari: kipas angin (6%), pengering (6%), pemanas ruangan (4%), pendingin ruangan (4%), pemanas air (3%), dan lain-lain (29%).
Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa peralatan penerangan dan distribusi listrik yang menyebabkan terjadinya kebakaran tersebut bisa dikelompokkan sebagai berikut:
63% berasal dari sistem perkabelan
20% berasal dari lampu dan fitting lampu
11% berasal dari terminal dan steker
6% berasal dari transformator dan power supply
Dari uraian di atas jelaslah kiranya bahwa kita perlu berhati-hati dengan masalah perlistrikan, baik di rumah maupun di kantor. Listrik adalah kawan yang bisa berubah menjadi lawan jika kita tidak hati-hati dan waspada dalam menggunakannya.
Lalu bagaimana mekanisme terjadinya kebakaran oleh listrik tersebut? Benarkah korsleting menjadi akar penyebab masalahnya? Ataukah ada penyebab lainnya?
Itu semua akan kami bahas di artikel berikutnya (klik untuk melihat). Salam safety!

----------------

CONTACT US

Email : marketing@SafetySign.co.id
Phone : 022-8606-5300

or VISIT US

www.SafetySign.co.id
www.SafetyPoster.co.id

Publié dans : Formation
  • Soyez le premier à commenter

Infographic - Electrical Fire Safety

  1. 1. KETAHUI SEJAK DINI SEBELUM SEMUA INI TERJADI . Di Amerika, dalam satu tahun dilaporkan terjadi 47,000 kasus kebakaran yang disebabkan oleh listrik, yang mengakibatkan $ 418 1.570 1.4 Menjnggal Luka-luka Kerug_ian Dunia Cedera Materil Sumber terjadinya kebakaran Iistrik: 48% Peralatan pener_an an_ dan dIstrI usi ®*'Q 6° — — )1 LL I Kipeé 6%. 4% 4°/9 . 3°/ o Angin Pengering I'33'§‘, $‘§‘§r§ BEl2(r2I1|é1agr| ]n Kfimanas Dari semua kasus kebakaran Iistrik oleh peralatan penerangan dan distribusi Iistrik: 63% 11% 20% 6% Berawaldari . berawaldari berawaldari % berawaldari sistem terminal & Iampu atau transformator dan perkabelan steker fiting Iampu power supply Sumber: Us. Fire Administrations National Fire Incident Reporting System (NF| RS), 2011 Ruko Maple Kav E Jl. Raya Gunung Batu No 201 Bandung - Jawa Barat 40175 T: 022 86065300 6% N G N F: 022 2003684 vwvw. safetysign. co. id IN D O N ESIA vwvw. safetyposter. co. id

×