Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Pkn bab4

  • Soyez le premier à commenter

  • Soyez le premier à aimer ceci

Pkn bab4

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) 2 (Dua) Bab 4 Standar Kompetensi Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Kompetensi Dasar Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinnekaan, kekayaan alam, keramahtamahan. Indikator 1. Mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia. 2. Mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. 3. Memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak. Alokasi Waktu : 4x 35 menit (2 pertemuan). A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia. 2. Siswa dapat mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. 3. Siswa dapat memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak. B. Materi Ajar Keanekaragaman Indonesia. C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran 1. Pendekatan Kontekstual. 2. Pendekatan Cooperatif Learning. 3. Tanya jawab. 4. Ceramah. 5. Penugasan. D. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
  2. 2. b) Guru menunjukkan beberapa gambar mengenai keanekaragaman budaya Indonesia ( misalnya gambar rumah adat, baju daerah, kerajinan tradisional, dll) dan mengajak siswa bertanya jawab tentang daerah asal budaya itu atau nama (istilah) benda pada gambar (misalnya, gambar kain-namanya songket-asalnya dari Sumatera utara, dll). c) Guru melakukan tanya jawab mengenai tempat wisata alam yang pernah dikunjungi siswa (misalnya, danau toba, gunung tangkuban perahu, dll). 2. Kegiatan Inti a) Semua siswa ditugaskan untuk membaca dalam hati bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah” di halaman 74 sampai 79. b) Siswa ditugaskan menjawab pertanyaan pemahaman halaman 80. c) Guru melakukan tanya jawab mengenai isi bacaan berjudul ”Tamasya ke Taman Mini Indonesia Indah”. d) Guru menunjuk beberapa siswa untuk bercerita mengenai budaya atau kekayaan alam yang ada di daerah asalnya (petunjuk kegiatan seperti ayo bercerita di halaman 80). e) Guru menceritakan beberapa contoh keanekaragaman dan kekhasan bangsa Indonesia selain yang telah disebutkan. f) Guru mengingatkan siswa untuk merasa bangga dengan keanekaragaman dan kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia. 3. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Pertemuan Kedua 1. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran. b) Mengajaksiswabertanyajawabtentangbeberapabudayadankekayaanalamkhasdaerah di Indonesia (mengulangmaterisebelumnya). 2. Kegiatan Inti a) Sebagai pengayaan siswa dapat diajak melakukan kegiatan ”lari bendera” seperti ada riang gembira di haaman 81. b) Semua siswa ditugaskan membuat karangan ”aku bangga menjadi anak Indonesia” di kolom ekspresikan dirimu halaman 82 sampai 83. c) Guru menunjuk beberapa siswa membacakan karangan mereka di depan kelas. d) Guru meminta siswa lain untuk memberikan tanggapan atas karangan temannya. e) Guru mengajak siswa menarik kesimpulan dari hasil karangan mereka tentang perlunya merasa bangga menjadi anak Indonesia dan perlunya melestarikan segala kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. 3. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
  3. 3. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. E. Sumber/Bahan Belajar 1. Gambar tentang contoh-contoh keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia (gambar rumah adat, baju adat, lokasi wisata alam, dll). 2. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 73-83. 3. Orang tua. 4. Teman. 5. Lingkungan rumah (keluarga). 6. Lingkungan sekolah. F. Penilaian Teknik : tugas individu. Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian portofolio, penilaian unjuk kerja. Contoh Instrumen : - Ceritakanlah di depan kelas mengenai hal yang kamu anggap paling membanggakan di daerahmu. - Buatlah sebuah karangan dengan tema ”aku bangga menjadi anak Indonesia”. __________, _____________________ Mengetahui, Kepala Sekolah _______________________ NIP. Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP
  4. 4. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester : : : : SD Pendidikan Kewarganegaraan III (Tiga) 2 (Dua) Bab 4 Kompetensi Dasar Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Indikator 1. Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. 2. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan). A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. 2. Siswa dapat menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. B. Materi Ajar Bangga menjadi orang Indonesia. C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran 1. Pendekatan Kontekstual. 2. Pendekatan Cooperatif Learning. 3. Tanya jawab. 4. Ceramah. 5. Penugasan. D. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama 1. Kegiatan Awal a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran. b) Mengajak siswa bertanya jawab mengenai hal berikut. Permainan apa yang mereka sukai? Jika diajak makan oleh orang tua di rumah makan, rumah makan mana yang mereka sukai? Jika diajak berlibur, ke mana mereka ingin pergi?
  5. 5. 2. Kegiatan Inti a) Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar halaman 84 sampai 89. b) Guru melakukan tanya jawab mengenai gambar yang siswa pilih dan alasan mereka memilihnya. c) Guru menjelaskan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia berdasarkan gambar-gambar halaman 84 sampai 89. d) Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang sesuai dengan petunjuk yang tertulis di buku. e) Guru meminta siswa menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia selain yang telah disebutkan dan tertulis di buku. f) Guru mengingatkan siswa untuk selalu menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia. g) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai keanekaragaman Indonesia dan bangga menjadi orang Indonesia,kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 90-92, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. 3. Kegiatan Penutup a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan. b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar. c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Pertemuan Kedua 1. Kegiatan Awal Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian. 2. Kegiatan Inti a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian. c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. 3. Kegiatan Penutup Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. E. Sumber/Bahan Belajar 1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 84-92. 2. Orang tua. 3. Teman. 4. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst. F. Penilaian Teknik : tugas individu, ulangan harian.
  6. 6. Bentuk Instrumen : penilaian sikap, penilaian unjuk kerja, pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat). Contoh Instrumen : 1. Apabila kamu bangga sebagai bangsa Indonesia, kamu akan memilih berlibur ke .... 2. RumahkhasBatak Toba disebutsebagai … a. bolon b. gadang c. joglo 3. OlahragakhasNias yang terkenaladalah … __________, _____________________ Mengetahui, Kepala Sekolah _______________________ NIP. Guru Mata Pelajaran PKn _______________________ NIP

    Soyez le premier à commenter

    Identifiez-vous pour voir les commentaires

Vues

Nombre de vues

6 349

Sur Slideshare

0

À partir des intégrations

0

Nombre d'intégrations

3

Actions

Téléchargements

87

Partages

0

Commentaires

0

Mentions J'aime

0

×