Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Pertemuan 9

268 vues

Publié le

  • Login to see the comments

  • Soyez le premier à aimer ceci

Pertemuan 9

  1. 1. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK)JURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR SISTEM OPERASI
  2. 2. Deadlock
  3. 3. Pada pembahasan di atas telah dikenal suatu istilahyang populer pada bagian semaphores, yaitu deadlock.Secara sederhana deadlock dapat terjadi dan menjadihalyang merugikan, jika pada suatu saat ada suatuproses yang memakai sumberdaya dan ada proses lainyang menunggunya.
  4. 4.  Misalkan pada suatu komputer terdapat dua buah program, sebuah tape drive dan sebuah printer. Program A mengontrol tape drive, sementara programB mengontrol printer. Setelah beberapa saat, Program A meminta printer, tapi printer masih digunakan. Berikutnya, B meminta tape drive, sedangkan A masih mengontrol tape drive. Dua program tersebut memegang kontrol terhadap sumber daya yang dibutuhkan oleh program yang lain. Tidak ada yang dapat melanjutkan proses masing-masing sampai program yang lain memberikan sumber dayanya, tetapi tidak ada yang mengalah. Kondisi inilah yang Disebut Deadlock atau pada beberapa buku disebut Deadly Embrace
  5. 5. System Calls
  6. 6. Biasanya tersedia sebagai instruksi bahasa assembly.Beberapa sistem mengizinkan system callsdibuat langsung dari program bahasa tingkat tinggi.Beberapa bahasa pemrograman (contoh: C,C++)telah didefenisikan untuk menggantikan bahasaassembly untuk sistem pemrograman.
  7. 7. Tiga metoda dalam memberikan parameter kepada sistem operasi: Melaluiregister. Menyimpan parameter dalam block atau tabel pada memori dan alamat block tersebut diberikan sebagai parameter dalam register. Menyimpan parameter (push) ke dalam stack oleh program, dan melakukan pop off pada stack Oleh sistem operasi.
  8. 8. Jenis System Calls
  9. 9. System Calls Manajemen Proses System Calls Manajemen Berkas System Calls Manajemen PerantiSystem Calls Informasi/Pemeliharaan System Calls Komunikasi
  10. 10. System Calls Manajemen Proses
  11. 11. System Call untuk manajemen proses diperlukan untukmengatur proses-proses yang sedang berjalan. Kita dapatmelihat penggunaan system calls untuk manajemen prosespada Sistem Operasi Unix. Contoh yang paling baik untukmelihat bagaimana system call bekerja untuk manajemenproses adalah Fork. Fork adalah satu satunya cara untukmembuat sebuah proses baru pada sistem Unix. Fork membuatduplikasi yang mirip dengan proses aslinya, termasuk filedescriptor, register,dan lainnya.
  12. 12. System Calls Manajemen Peranti
  13. 13. Sistem ini sering disebut dengan device manager.Menyediakan device driver yang umum sehinggaoperasi Input/output dapat seragam (membuka,membaca, menulis, menutup). Contoh penggunamenggunakan operasi yang sama untuk membaca berkaspada perangkat keras, CD-ROM dan floppydisk.
  14. 14. Manajemen Penyimpanan Sekunder
  15. 15. System calls yang berhubungan dengan berkas sangat diperlukan.Seperti ketika kita ingin membuat atau menghapus suatu berkas.Atau ketika ingin membuka atau menutup suatu berkas yang telahada, membaca berkas tersebut, dan menulis berkas itu. Systemcalls juga diperlukan ketika kita ingin mengetahui atribut dari suatuberkas atau ketika kita juga ingin merubah atribut tersebut. Yangtermasuk atribut berkas adalah nama berkas, jenis berkas, danlain-lain.Ada juga system calls yang menyediakan mekanisme lain yangberhubungan dengan direktori atau sistem berkas secarakeseluruhan. Jadi bukan hanya berhubungan dengan satu spesifikberkas.Contohnya membuat atau menghapus suatu direktori,danlain-lain.
  16. 16. System Calls Manajemen Peranti
  17. 17. Program yang sedang dijalankan kadang kalamemerlukan tambahan sumber daya. Jika banyakpengguna yang menggunakan sistem, maka jikamemerlukan tambahan sumber daya maka harusmeminta peranti terlebih dahulu. Dan setelah selesaipenggunakannnya harus dilepaskan kembali. Ketikasebuah peranti telah diminta dan dialokasikan makaperanti tersebut bisa dibaca, ditulis, atau direposisi.
  18. 18. System CallsInformasi/Pemeliharaan
  19. 19. Beberapa system calls disediakan untuk membantu pertukaraninformasi antara pengguna dan sistemoperasi. Contohnya systemcalls untuk meminta dan mengatur waktu dan tanggal. Ataumeminta informasi tentang sistem itu sendiri, seperti jumlahpengguna, jumlah memori dan disk yang masihbisa digunakan, dan lain-lain. Ada juga system calls untukmeminta informasi tentang proses yang disimpan oleh sistem dansystem calls untuk merubah (reset) informasi tersebut.
  20. 20. System Calls Komunikasi
  21. 21. Dua Model Komunikasi• Message-passing.Pertukaran informasi dilakukan melalui fasilitaskomunikasi antar proses yang disediakan oleh sistem operasi.• Shared-memory. Proses menggunakan memori yang bisadigunakan oleh berbagai proses untuk pertukaran informasidengan membaca dan menulis data pada memori tersebut.
  22. 22. 

×