Successfully reported this slideshow.
ALL ABOUT LOVE

@nurjanahSA2
WHAT DO YOU THINK ABOUT LOVE?
Apa yang anda pikirkan jika mendekar kata cinta? Pastinya
banyak yang berpikir tentang kasih...
TERMINOLOGI & ETIMOLOGI
Penggunaan istilah cinta dalam masyarakat Indonesia dan
malaysia lebih dipengaruhi perkataam love ...
Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan
cinta kasih, yaitu:
 Perasaan
 Pengenalan
 Tanggung jawab
 Perha...
JENIS – JENIS CINTA
Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta
berada di seluruh semua kebudayaan manusia...
BEBERAPA UNSUR YANG SERING ADA DALAM CINTA
ANTARPRIBADI:
kasih sayang: menghargai orang lain.
• altruisme:perhatian non-eg...
CINTA DALAM AJARAN ISLAM
Cinta menurut bahasa adalah suka sekali dan senang sekali. Cinta
secara intilah adalah rasa kasih...
CINTA SEJATI TAK DAPAT
DIUNGKAPKAN DENGAN KATAKATA, NAMUN BISA KITA RASAKAN
KEKUATAN CINTA ITU SENDIRI
YANG MAMPU MENJADI ...
Prochain SlideShare
Chargement dans…5
×

PowerPoint ALL ABOUT LOVE

166 vues

Publié le

Nurjanah S.A / XII IPA 2 /

Publié dans : Formation
  • Soyez le premier à commenter

  • Soyez le premier à aimer ceci

PowerPoint ALL ABOUT LOVE

  1. 1. ALL ABOUT LOVE @nurjanahSA2
  2. 2. WHAT DO YOU THINK ABOUT LOVE? Apa yang anda pikirkan jika mendekar kata cinta? Pastinya banyak yang berpikir tentang kasih sayang, kesetiaan, romantis dls. tapi apakah arti dari cinta itu? Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Ada beberapa pendapat yang mengatakan cinta adalah suatau perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya, yang bisa dialami semua makhluk hidup yang bisa dilakukan dengan aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia seperti empati, perhatian, kasih sayang, membantu, mengikuti, menuruti perkataan,patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan masa. Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.
  3. 3. TERMINOLOGI & ETIMOLOGI Penggunaan istilah cinta dalam masyarakat Indonesia dan malaysia lebih dipengaruhi perkataam love dalam bahasa inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape, danstorge. Namun demikian perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih ditemui dalam bahasa serantau, seperti berikut : • Cinta lebih cenderung kedapa romantis, asmara dan hawa nafsu, eros. • Sayang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia. • Kasih sayang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape. • Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge.
  4. 4. Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:  Perasaan  Pengenalan  Tanggung jawab  Perhatian  Saling menghormati Erich Fromm dalam buku larisnya (The Art Of Loving) menyatakan bahwa ke empat gejala: care, responsibility, respect, knowledge muncul semua secara seimbang dalam pribadi yang mencintai.
  5. 5. JENIS – JENIS CINTA Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh semua kebudayaan manusia. Oleh karena itu perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian dari cinta pun sulit diterapkan. Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada jiwa atau pikiran, cinta hukum dan organisai, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa dls.Cinta lebih berserah kepada anstrak, lebih mudah dialami daripada dijelaskan. Cinta yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keinahannya. Cinta antarpribadi menunjuk kepada cinta antar manusia, bentuk ini lebih dari sekedar rasa kesukaan terhadap orang lain. Cinta antar pribadi bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orangtua dengan anak, dan juga persahabatan yang sangat erat.
  6. 6. BEBERAPA UNSUR YANG SERING ADA DALAM CINTA ANTARPRIBADI: kasih sayang: menghargai orang lain. • altruisme:perhatian non-egois kepada orang lain (yang tidak dimiliki oleh banyak orang). • reciprocatin: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan). • komitmen: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan. • Kekerabatab: ikatan keluarga • kepentingan pribadi, dls.
  7. 7. CINTA DALAM AJARAN ISLAM Cinta menurut bahasa adalah suka sekali dan senang sekali. Cinta secara intilah adalah rasa kasih sayang yang muncul dari lubuk hati yang terdalam untuk rela berkorban, tanpa mengharapkan imbalan apapun, dan dari siapapun kecuali imbalan yang datang dan diridhoi Allah. Dalam Islam, kasih sayang adalah identitas dan asa iman. Hal itu merupakan bukti pengarauh agama terhadap hati nurani, seperti halnya ia juga merupakan kesaksian jiwa manusia yang menurut istilah Islam belum diakui beragama bila ia tidak memiliki perasaan kasih sayang. Firman Allah : katakanlah: “jika bapa-bapa (para pembesar dan nenek moyang)(, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluarga, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada mencintai Allah dan Rasulnya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan (azab/siksaan)-Nya, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.”(Al-Qur’an surat At-Taubah, 9:24)
  8. 8. CINTA SEJATI TAK DAPAT DIUNGKAPKAN DENGAN KATAKATA, NAMUN BISA KITA RASAKAN KEKUATAN CINTA ITU SENDIRI YANG MAMPU MENJADI BENTENG KOKOH DALAM SUATU HUBUNGAN.

×