Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

SOAL PKN TENTANG KEBEBASAN BERORGANISASI

3 382 vues

Publié le

KEBEBASAN BERORGANISASI

Publié dans : Formation
  • Login to see the comments

  • Soyez le premier à aimer ceci

SOAL PKN TENTANG KEBEBASAN BERORGANISASI

  1. 1. www.gurukapuas.blogspot.com Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Kelas : V Semester : 2 I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d, di depan jawaban yang paling benar! 1. Salah satu ciri manusia sebagai mahluk sosial adalah .................. a. Berkomunikasi dengan orang lain b. Mementingkan kepentingan diri sendiri c. Tidak mau hidup dengan orang lain d. Suka menyendiri 2. Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat. Pernyataan tersebut tercantum dalam UUD 1945 pasal .......... a. 27 c. 28F b. 28E d. 29 3. Berikut ini ciri umum yang terdapat dalam organisasi adalah ............ a. Mempunyai tujuan, struktur kepengurusan, dan anggota b. Mempunyai kepentingan politis dan kepentingan sosial c. Mempunyai tujuan menyejahterakan anggotanya d. Mempunyai pemimpin dan kegiatan yang menarik 4. Keuntungan berorganisasi adalah.............. a. Berkumpul dengan teman-teman tertentu b. Mengisi waktu luang c. Dapat menyalurkan aspirasi melalui organisasi d. Dapat menyalurkan bakat 5. Arti kebebasan berorganisasi adalah .............. a. Seseorang bebas memilih organisasi yang sesuai aspirasinya b. Seseorang bebas untuk mengikuti beberapa organisasi c. Sesorang bebas untuk menjadi pengurus organisasi d. Seseorang bebas untuk memaksakan kehendak dalam organisasi 6. Organisasi yang mengatur sistem hubungan antarorang dan antarkelompok dalam masyarakat adalah ................ a. Organisasi profesi c. Organisasi nonpemerintah b. Organisasi sosial d. Organisasi antarpemerintah 7. Organisasi yang terdiri dari masyarakat umum yang mempunyai kesamaan tujuan adalah ............ a. Organisasi profesi c. Organisasi antarpemerintah b. Organisasi massa d. Organisasi politik 8. Berikut ini adalah contoh organisasi profesi ........ a. Rukun Tetangga b. Lembaga Swadaya Masyarakat c. Perserikatan Bangsa-Bangsa d. Ikatan Dokter Indonesia 9. Berikut contoh organisasi nonpemerintah yang bergerak dibidang agama, ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kemanusiaan adalah ................ e. Rukun Tetangga f. Lembaga Swadaya Masyarakat g. Perserikatan Bangsa-Bangsa a. Ikatan Dokter Indonesia 10. Salah satu organisasi yang berada di lingkungan sekolah adalah a. Rukun Tetangga c. Praja Muda Karana b. Persatuan wartawan Indonesia d. Ikatan Dokter Indonesia Nama: ....................................... NILAI:
  2. 2. www.gurukapuas.blogspot.com 11. Salah satu tugas komite sekolah adalah ............... a. Mengajar materi pelajaran b. Menjaga keamanan sekolah c. Memberi saran saat menyusun program sekolah d. Menilai hasil belajar siswa di sekolah 12. Peraturan yang disusun dalam menyelenggarakan organisasi sekolah disebut .................. a. Undang-Undang sekolah c. Tata tertib sekolah b. Ketetapan sekolah d. Sanksi sekolah 13. Salah satu organisasi yang bergerak dibidang ekonomi adalah .............. a. Pramuka c. Partai politik b. Karang Taruna d. Koperasi 14. Pelopor berdirinya Koperasi di Indonesia adalah ............. a. Bung Karno c. Bung Tomo b. Bung Hatta d. Bung Akbar 15. Hari Koperasi diperingati setiap tanggal .................. a. 20 Mei c. 26 November b. 12 Juli d. 7 November 16. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh koperasi sekolah adalah .............. a. Melakukan penghijauan sekolah b. Mengadakan pengobatan gratis c. Menyediakan alat tulis d. Membantu polisi mengatur lalu lintas 17. Pengurus yang bertugas mencatat agenda kegiatan organisasi adalah ................ a. Ketua c. Sekretaris b. Bendahara d. Wakil ketua 18. Anggota gerakan pramuka 7 hingga 10 tahun termasuk kelompok ................ a. Pramuka siaga c. Pramuka penegak b. Pramuka Penggalang d. Pramuka Pandega 19. Arti Praja Muda karana adalah rakyat muda yang suka .............. a. Bermain c. Berkarya b. Berkemah d. Berbicara 20. Organisasi bagi pemuda di desa adalah ............... a. Pramuka c. Rukun warga b. Karang Taruna d. Rukun Tetangga II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar! 1. Organisasi yang didirikan oleh dr. Sutomo dan dr. Wahidin Sudirohusodo tanggal 20 Mei 1908 adalah ......................................... 2. Kegiatan perkemahan Sabtu malam Minggu dilakukan dalam organisasi ...................... 3. Tata tertib sekolah harus ditaati oleh ........................................ 4. Pimpinan yang memiliki kewenangan mengatur jalannya organisasi di sekolah adalah ...................... 5. Perkumpulan yang beranggotakan orang-orang yang mempunyai kesamaan tujuan disebut ............................... 6. Kepanjangan PGRI adalah ......................... 7. Manusia tidak dapat hidup tanpa keberadaan orang lain. Oleh karena itu manusia disebut sebagai mahluk ................ 8. Pengurus yang bertugas mengurus keuangan organisasi adalah .................................. 9. Pak Hasan adalah ketua RT 07. Pak Hasan dipilih oleh warga secara langsung, tanpa melalui pemungutan suara. Pak Hasan dipilih secara................................... 10. IDI adalah organisasi untuk orang-orang yang berprofesi ..................................
  3. 3. www.gurukapuas.blogspot.com III. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jelas dan benar! 1. Tuliskan tiga organisasi yang terdapat di sekolahmu! 2. Tuliskan tiga organisasi profesi yang kamu ketahui! 3. Apa saja jabatan yang terdapat dalam pengurus organisasi! 4. Tulislah dua tata tertib yang berlaku di sekolahmu! 5. Apa saja yang biasanya dilakukan dalam kegiatan pramuka?

×