Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.
Disusun oleh :
Yuanita Pratiwi
Nilam Sari
Tri Windy
Saka Permana
Yudis
ADIL
RIDHA
AMAL SALEH
finish
ADIL
Adil ialah tidak memihak antara yang
satu dengan yang lain, dan
meletakkan segala urusan pada
tempat yang sebenarnya ...
• Allah swt berfirman dalam surat An-Nisa ayat 135
yaitu :
Artinya :
“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu
orang y...
manfaat dan keutamaan dari orang
yang berlaku adil
a. membuat orang disenangi sesamanya
b. memberi ketenangan dan ketenter...
Macam-macam perilaku adil
1). Berlaku adil kepada Allah SWT, yakni menjadikan Allah satu-
satunya Tuhan yang memiliki kese...
Menunjukkan sikap adil terhadap
orang lain dapat dilakukan dengan :
1). Patuh kepada perintah Allah dan Rasulnya
2). Membe...
RIDHA
Ridha artinya sudah merasa cukup dengan apa yang ia miliki,
baik harta maupun pekerjaan. Sebagian orng mungkin
menga...
Qana’ah yang mengandung arti :
1). menerima dengan rela apa yang ada,
2). menerima dengan sabar semua ketentuan
Allah SWT
...
Seperti sabda Rasulullah SAW, yang artinya :
“berbahagialah bagi orang yang mendapat
petunjuk untuk masuk Islam sedang kea...
Fungsi ridha dalam kehidupan Pribadi
1). menjadikan seseorang hidup tidak tamak
2). menjadikan seseorang hidupnya berjiwa ...
AMAL SHALEH
Amal shaleh adalah melakukan pekerjaan baik
yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi
orang lain berdasarkan ...
Sebagaimana firman Allah yang artinya
: “dan orang-orang yang beriman
serta beramal saleh,
mereka itu penghuni surga; mere...
Yang termasuk perbuatan amal saleh :
1). Amal Jariyah : pekerjaan yang mendatangkan
pahala karena memberikan manfaat kepad...
3). Berbakti kepada orang tua
Keharusan berbakti kepada orng tua yang
diajarkan dalam Islam sangatlah rasional, mengingat
...
Amal saleh kepada Allah seperti:
1). Memulai sesuatu perbuatan baik dengan
Basmalah dan mengahirinya dengan Hamdalah
2). B...
Amal shaleh terhadap diri sendiri seperti :
1). Beribadah dan beramal shaleh kepada Allah
2). Tidak membiarkan diri jatuh ...
Perilaku Terpuji kelas 12 Science
Prochain SlideShare
Chargement dans…5
×

Perilaku Terpuji kelas 12 Science

21 961 vues

Publié le

Publié dans : Spirituel
  • Identifiez-vous pour voir les commentaires

Perilaku Terpuji kelas 12 Science

  1. 1. Disusun oleh : Yuanita Pratiwi Nilam Sari Tri Windy Saka Permana Yudis
  2. 2. ADIL RIDHA AMAL SALEH finish
  3. 3. ADIL Adil ialah tidak memihak antara yang satu dengan yang lain, dan meletakkan segala urusan pada tempat yang sebenarnya tanpa ada aniaya, dan mengucapkan kalimat yang benar tanpa ada yang ditakuti kecuali terhadap Allah swt saja.
  4. 4. • Allah swt berfirman dalam surat An-Nisa ayat 135 yaitu : Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan”.
  5. 5. manfaat dan keutamaan dari orang yang berlaku adil a. membuat orang disenangi sesamanya b. memberi ketenangan dan ketenteraman hidup c. mendatangkan ridha dari Allah karena telah mengerjakan perintah-Nya d. Mendapatkam pahala di akhirat kelak, dan e. meningkatkan semangat kerja
  6. 6. Macam-macam perilaku adil 1). Berlaku adil kepada Allah SWT, yakni menjadikan Allah satu- satunya Tuhan yang memiliki kesempurnaan, Kita sebagai makhluknya harus senantiasa tunduk dan patuh pada perintah-Nya dan menjuhi larangan-Nya 2). Berlaku adil terhadap diri sendiri, yakni menempatkan diri pribadi pada tempat yang baik dan benar. Diri kita harus terjaga dan terpelihara dalam kebaikan dan keselamatan, tidak menganiaya diri sendiri dengan menuruti hawa nafsu yang akibatnya dapat mencelakakan diri sendiri. 3). Berlaku adil terhadap orang lain, yakni menempatkan orang lain pada tempat dan perilaku yang sesuai, layak, benar memberikan hak orang lain dengan jujur dan benar serta tidak menyakiti dan merugikan orang lain. 4). Berlaku adil terhadap makhluk lain, yakni memberlakukan makhlukAllah SWT yang lain dengan layak dan sesuai dengan syariat Islam dan menjaga kelestarian dengan merawat dan menjaga kelangsungan dengan tidak merusaknya.
  7. 7. Menunjukkan sikap adil terhadap orang lain dapat dilakukan dengan : 1). Patuh kepada perintah Allah dan Rasulnya 2). Memberikan rasa aman kepada orang lain dengan sikap ramah dan santun 3). Menciptakan suasana aman, edukatif dan rukun 4). Tidak angkuh, sombong, kikir, boros iri dan dengki dalam bergaul dengan sesama manusia. 5). Selalu berprasangka baik terhadap orang disekitarnya 6). Selalu berbuat kebajikan dan tolong menolong terhadap sesama khususnya kepada fakir miskin dan anak yatim piatu 7). Selalu berfikir dengn benar sebelum bertindak dan berbuat. 8). Tidak pilih kasih dalam bergaul back
  8. 8. RIDHA Ridha artinya sudah merasa cukup dengan apa yang ia miliki, baik harta maupun pekerjaan. Sebagian orng mungkin menganggap, bahwa sikap yang demikian termasuk sikap yang buruk. Karena dengan merasa cukup dengan apa yang dimilikinya itu maka akan menimbulkan kemalasan pada dirinya dan tidak akan mau bekerja. Pandangan yang seperti itu adalah pandangan yang sesat dan keliru. Islam tidak mengajarkan kepada umatnya supaya hidup malas. Ridha dapat menjauhkan diri dari ajakan nafsu terhadap berbagai tipu daya kehidupan dunia, yang membuat orang lupa akan Allah SWT dalam mempersiapkan diri menuju kehidupan akhirat kelak. Akibat godaan nafsu, seseorang tidak takut atas ancaman yang akan diterimanya sehingga sikap dan perilakunya melampaui batas-batas norma agama. Maka, untuk menghindari hal itu seorang muslim ditunut untuk bersikap Qana’ah di dalam hidupnya.
  9. 9. Qana’ah yang mengandung arti : 1). menerima dengan rela apa yang ada, 2). menerima dengan sabar semua ketentuan Allah SWT 3). bertawakal kepada Allah SWT 4). memohon kepada Allah SWT tambahan yang pantas, yang disertai dengan usaha dan ikhtiar 5). tidak tertarik oleh tipu daya dunia.
  10. 10. Seperti sabda Rasulullah SAW, yang artinya : “berbahagialah bagi orang yang mendapat petunjuk untuk masuk Islam sedang keadaan hidupnya sederhana, tetapi Qana’ah”. (HR. Turmudzi ) Selain itu dalam hadits lain beliau bersabda, yang artinya : “Qana’ah itu adalah harta yang tidak hilang dan simpanan yang tidak akan lenyap”. (HR. Thabrani dan Jabir)
  11. 11. Fungsi ridha dalam kehidupan Pribadi 1). menjadikan seseorang hidup tidak tamak 2). menjadikan seseorang hidupnya berjiwa tenang, rela terhadap semua pemberian Allah, dan selalu mensyukuri semua nikmat Allah yang dilimpahkan kepadanya 3). menjadikan seseorang dalam hidup di dunia ini untuk mencari kebahagiaan hidup di akirat, dengan tetap ber ikhtiar. Fungsi ridha dalam kehidupan bermasysrakat 1). seseorang tidak tamak dan tidak ambisi terhadap kekayaan dan kedudukan yang dimiliki orang lain 2). seseorang tidak akan terperdaya oleh kemewahan hidup di dunia 3). Seseorang akan suka menegakkan kalimat Allah back
  12. 12. AMAL SHALEH Amal shaleh adalah melakukan pekerjaan baik yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain berdasarkan ikhlas karena Allah semata seperti berusaha melakukan perbuatan baik, berupaya membantu saudaranya yang ditimpa musibah dan meringankan persoalan yang terjadi.
  13. 13. Sebagaimana firman Allah yang artinya : “dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya”. (QS AL-Baqarah : 82)
  14. 14. Yang termasuk perbuatan amal saleh : 1). Amal Jariyah : pekerjaan yang mendatangkan pahala karena memberikan manfaat kepada orang lain, seperti membangun tempat ibadah. 2). Amar Ma’ruf : menyeru atau mengajak orang untuk berbuat kebaikan, baik secara lisan maupun dengan memberikan contoh tauladan dalam bentuk perbuatan langsung. Perhatikan Firman Allah yang artinya : “dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”. (QS Ali-Imran ; 104)
  15. 15. 3). Berbakti kepada orang tua Keharusan berbakti kepada orng tua yang diajarkan dalam Islam sangatlah rasional, mengingat sedemikian besar jasa ibu dan bapak dalam merawat dan menjaga anak-anak sejak dari kandungan hingga dewasa. Sesuai dengan firman Allah : Artinya : “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia” (QS. Al-Israa 23 )
  16. 16. Amal saleh kepada Allah seperti: 1). Memulai sesuatu perbuatan baik dengan Basmalah dan mengahirinya dengan Hamdalah 2). Berniatlah dengan ikhlas karena Allah setiap perbuatan baik yang hendak kita lakukan dan jangan lupa berfikir dengan matang dan benar 3). Disiplin dalam beribadah dan beramal shaleh serta berdasarkan ilmu 4). Selalu berdzikir dan berdoa kepada Allah setelah berusaha dan berikhtiar 5). bertawakal dan bersabar serta bersyukur kepada Allah
  17. 17. Amal shaleh terhadap diri sendiri seperti : 1). Beribadah dan beramal shaleh kepada Allah 2). Tidak membiarkan diri jatuh kedalam dosa, kebinasaan, kehancuran seperti judi, zina, mencuri, narkoba, merokok, merampok dan lain-lain 3). Saling membantu dan mengurangi penderitaan orang lain karena Allah 4). Menjauhkan sikap tercela seperti : buruk sangka, iri, dengki, kikir, boros, adu domba dalam bergaul sesama manusia. 5). Menjauhkan sikap malas belajar, malas bekerja, pesimis, penakut, tergesa-gesa dan sikap atau sifat yang jelek lainnya. back

×