Ce diaporama a bien été signalé.
Le téléchargement de votre SlideShare est en cours. ×

Kurikulum Taiwan.pptx

Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Publicité
Chargement dans…3
×

Consultez-les par la suite

1 sur 6 Publicité

Plus De Contenu Connexe

Plus récents (20)

Publicité

Kurikulum Taiwan.pptx

  1. 1. KURIKULUM PENDIDIKAN MATEMATIKA DI TAIWAN (CHINA TAIPEI) OLEH : ARI FERAWATI 2010306054
  2. 2. Gambaran umum negara Taiwan Republik Tiongkok atau Republik Cina atau dikenal oleh wilayah kekuasaannya sebagai Taiwan adalah sebuah negara di Asia Timur yang saat ini menguasai daerah kepulauan Taiwan, Kepulauan Pescadores, Quemoy, dan Kepulauan Matsu. Taiwan Juga dikenal dengan China Taipei. Nama resmi negara Taiwan sebenarnya Republic of China. Sistem ekonominya berbentuk kapitalis dan mata uangnya Taiwan Dollar (TWD). Taiwan adalah negara yang berada di Pulau Formosa dan masih berdekatan dengan Tiongkok. Taiwan bukanlah negara yang merdeka seutuhnya atau negara dengan pengakuan terbatas. Hanya sekitar 23 negara yang mengakui Taiwan sebagai negara berdaulat. Secara de facto Taiwan adalah negara merdeka dan menjadi satu negara dunia, namun secara de jure Taiwan belum mendapatkan pengakuan dari berbagai negara dunia.
  3. 3. Gambaran Pendidikan di Taiwan  Pendidikan formal dari sekolah dasar hingga universitas mencakup wajib belajar sembilan tahun (Kelas 1 sampai 9).  Total waktu yang dihabiskan siswa dalam pendidikan formal bervariasi tetapi biasanya mencakup dua tahun sekolah dasar, enam tahun sekolah dasar, tiga tahun sekolah menengah pertama, tiga tahun sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan, dan empat hingga tujuh tahun kuliah atau Universitas.  Terdapat juga Pendidikan bagi yang berkebutuhan khusus. Tahapan pendidikan luar biasa memberikan pendidikan pada tahapan yang sesuai dan sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus dapat menyelenggarakan kelas pendidikan luar biasa.  Kementerian Pendidikan Republik Tiongkok mengatur pendidikan Taiwan. Pada 2014, telah menyerukan dua belas tahun pendidikan formal.
  4. 4. Pembelajaran Matematika Studi Stigler dan Perry (1990) menunjukkan Ruang kelas matematika di kelas menunjukkan beberapa kualitas pengajaran matematika yang baik. Dibandingkan dengan ruang kelas matematika di AS, ruang kelas Taiwan dan Jepang memiliki perilaku tugas siswa yang lebih sedikit Siswa belajar matematika dengan menghafal dan menghabiskan banyak waktu untuk berlatih keterampilan berhitung. Dengan demikian, siswa tidak dapat menjelaskan alasan prosedur perhitungan dan kehilangan minat mereka dalam belajar matematika (Liu dan Shu, 1995). Ruang kelas matematika Taiwan yang dijelaskan dalam studi Stigler dan Perry (1990) didasarkan pada kurikulum matematika sebelumnya yang secara resmi diperkenalkan pada tahun 1975, yang menekankan pada perolehan pengetahuan Pengajaran matematika tradisional di Taiwan dicirikan oleh pengajaran yang diarahkan oleh guru, pengajaran seluruh kelas yang berorientasi pada konten, didorong oleh ujian, dan terorganisir dengan baik (chen, 2015; Lin & Li, 2009)
  5. 5. Kurikulum Pendidikan Matematika  Sejak 1993, kurikulum Taiwan telah direformasi beberapa kali untuk fokus pada pengembangan kemampuan matematika siswa dan literasi daripada pembelajaran yang berpusat pada subjek (Hsieh, 1997).  Menyelaraskan dengan reformasi kurikulum, pengajarann matematika yang inovatif telah dipromosikan, menggeser penekanan guru mengarahkan pendekatan berbasis ujian untuk instruksi yang berpusat pada siswa.  Pedoman Kurikulum Matematika Kelas 1–9 menetapkan lima untaian matematika, yang diterapkan menurut tingkat kelas: Jumlah dan Kuantitas, Geometri, Aljabar, Statistik dan Probabilitas, dan Koneksi Matematika. Pedoman kurikulum memberikan indikator kompetensi yang sesuai, berdasarkan perkembangan kognitif siswa dan hubungan di dalam satu untaian dan di antara untaian di Kelas 1 hingga 9.
  6. 6. THANKS

×