Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.
Ketiga-tiga Injil pertama dikenali sebagai
"sinoptik" (atau "yang berkaitan") dan
mempunyai kandungan yang serupa.
Setiap ...
Siapakah Lukas? (Kolose 4:14)?
Seorang doktor yang lemah lembut yang
menyertai Paul di dalam kebanyakan
perjalanan menyeb...
•Ibunya tidak mungkin memiliki
anak. Dia terlalu tua.
•Malaikat Gabriel mengumumkan
kelahirannya.
•Pengumuman itu diterima...
“ia akan membuat banyak orang Israel berbalik
kepada Tuhan, Allah mereka, dan ia akan berjalan
mendahului Tuhan dalam roh ...
Bagaimana reaksi Maria terhadap
pengumuman dia akan menjadi ibu?
Dia tahu amat mustahil bagi seorang
perawan untuk mengand...
“dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung,
lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dala...
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya
aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk sel...
Allah sendiri
merendahkan untuk
menjadi manusia, dan
dilahirkan dalam
keadaan paling
sederhana.
Lalu kata malaikat itu kep...
Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu
nama yang disebut oleh malaikat sebelum...
Di bait suci, Simeon mengambil Anak itu dan bernubuat
tentang hal demikian.(Lukas 2:29-35)
1. Keselamatan melalui Yesus sa...
Pelajaran Sekolah Sabat 1 Kuarter 2 2015 Kedatangan Yesus
Pelajaran Sekolah Sabat 1 Kuarter 2 2015 Kedatangan Yesus
Prochain SlideShare
Chargement dans…5
×

Pelajaran Sekolah Sabat 1 Kuarter 2 2015 Kedatangan Yesus

935 vues

Publié le

Bahan dlm bentuk Microsoft Powerpoint untuk membantu para guru mengajar Pelajaran Sekolah Sabat

Publié dans : Spirituel
  • Soyez le premier à commenter

Pelajaran Sekolah Sabat 1 Kuarter 2 2015 Kedatangan Yesus

  1. 1. Ketiga-tiga Injil pertama dikenali sebagai "sinoptik" (atau "yang berkaitan") dan mempunyai kandungan yang serupa. Setiap penginjil – dari latar belakang yang berbeza - menulis Injilnya di bawah inspirasi Roh Kudus.
  2. 2. Siapakah Lukas? (Kolose 4:14)? Seorang doktor yang lemah lembut yang menyertai Paul di dalam kebanyakan perjalanan menyebarkan Injil. Dialah satu- satunya penulis Alkitab yang bukan berbangsa Yahudi. Siapa yang menulis Injilnya? (Lukas 1:1-3)? Teofilus – seorang yang lembut dan menyenangkan. Dia juga menulis sebuah lagi buku - "Kisah" (Kisah Para Rasul 1: 1). Bagaimanakah persediaan untuk menulis Injil? (Lukas 1:1-3)? Rajin menyelidiki dan menemubual para saksinya. Apa tujuan dia menulis? (Lukas 1:4)? Untuk memperkuatkan kebenaran di dalam kalangan para pembacanya.
  3. 3. •Ibunya tidak mungkin memiliki anak. Dia terlalu tua. •Malaikat Gabriel mengumumkan kelahirannya. •Pengumuman itu diterima dengan penuh kejutan. •Zakaria bertanya kepada malaikat itu dengan penuh keraguan. •Malaikat Gabriel menyatakan nama bayi itu. •Hal itu akan menjadi sejarah terbesar. •Membuka jalan bagi Mesias. •Ibunya tidak mungkin memiliki anak. Dia masih perawan. •Malaikat Gabriel mengumumkan kelahirannya. •Pengumuman itu diterima dengan penuh kejutan. •Maria bertanya kepada malaikat dengan penuh iman. •Malaikat Gariel menyatakan nama bayi itu. •Hal itu akan menjadi sejarah terbesar. •Dia adalah Mesias, Anak Allah.
  4. 4. “ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak- anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi- Nya.“ (Lukas 1:16-17) Seorang nabi muncul lagi di tengah-tengah Israel setelah 400 tahun yang sepi. Misi utama Yohanes adalah untuk "mempersiapkan ... orang setia yang terbuang" untuk menerima Mesias, Juruselamat.
  5. 5. Bagaimana reaksi Maria terhadap pengumuman dia akan menjadi ibu? Dia tahu amat mustahil bagi seorang perawan untuk mengandung. Diaa menerima kata-kata Gabriel dengan iman : "Tidak ada yang mustahil bagi Allah" (Lukas 1:37) dan patuh kepada ketentuan Allah (Lukas 1:38). Allah mempunyai jawapan bagi setiap keraguan kita. Dia boleh merealisasikan apa yang mustahil bagi manusia.
  6. 6. “dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.” (Lukas 2:7) Lukas 2 menyatakan kelahiran Yesus dalam konteks sejarah. Yesus bukanlah mitos atau watak fiksyen. Dia adalah sebenarnya manusia yang hidup di dalam jangka masa sejarah yang tertentu. Pada tahun 8 Sebelum Masihi, Kaisar Augustus telah menetapkan bancian di seluruh Empayar Rom (ayat 1). Setiap warganegara wajib mendaftar mengikut wilayah kelahiran asalnya (ayat 3). Yusuf (pada masa sebelum tahun ke-4 Sebelum Masihi) pergi ke Betlehem untuk membayar cukai (ayat 4) dan dia telah membawa Maria bersamanya (ayat 5). Di sanalah Maria melahirkan Yesus (ayat 6-7).
  7. 7. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. (Lukas 2:10-11) Pengumuman malaikat kepada para gembala membawa erti yang besar bagi orang percaya: 1. “Kesukaan besar ... untuk seluruh bangsa” : Kabar baik dari Injil adalah untuk semua orang. 2. “telah lahir bagimu Juruselamat” : Yesus adalah Juruselamat dunia. 3. “Kristus, Tuhan” : Yesus adalah Tuhan Allah Maha Kuasa.
  8. 8. Allah sendiri merendahkan untuk menjadi manusia, dan dilahirkan dalam keadaan paling sederhana. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. (Lukas 2:10-11) Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. (Filpi 2:5-8)
  9. 9. Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya. Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan, (Lukas 2:21-22) Sebagai umat beriman, Yusuf dan Maria memenuhi ketetapan seperti di dalam "hukum Taurat Musa": a) Menyunatkan anak itu pada hari ke-8 kelahirannya. Dan pada hari yang kedelapan haruslah dikerat daging kulit khatan anak itu. (Imamat 12:3). b) Menyerahkannya kepada Tuhan pada hari ke-40 selepas kelahirannya. Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk menyediakan seekor kambing atau domba, maka haruslah ia mengambil dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, yang seekor sebagai korban bakaran dan yang seekor lagi sebagai korban penghapus dosa, dan imam itu harus mengadakan pendamaian bagi perempuan itu, maka tahirlah ia. (Imamat 12:8).
  10. 10. Di bait suci, Simeon mengambil Anak itu dan bernubuat tentang hal demikian.(Lukas 2:29-35) 1. Keselamatan melalui Yesus sahaja : ”sebab mataku telah melihat keselamatan” (ayat 30) 2. Keselamatan datang dari Allah : ”keselamatan yang dari pada-Mu” (ayat 30) 3. Keselamatan adalah untuk semua orang : ”yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel." (ayat 32) 4. Keselamatan melibatkan keputusan : "Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan” (ayat 34) 5. Keselamatan adalah melalui salib : ”dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri--,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang." (ayat 35) Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu, sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu, (Lukas 2:29-30)

×