Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

UFO: Sebuah Analisa dan Implikasi

500 vues

Publié le

UFO: Sebuah Analisa dan Implikasi
Oleh: Nur Agustinus
Disampaikan dalam acara
Astro & UFO Camp di Bosscha, Lembang,
Tanggal 12 Juli 2008

Publié dans : Formation
  • Login to see the comments

UFO: Sebuah Analisa dan Implikasi

  1. 1. UFO SebuahSebuah AnalisaAnalisa dandan ImplikasiImplikasi Oleh: Nur Agustinus DisampaikanDisampaikan dalamdalam acaraacara AstroAstro & UFO Camp& UFO Camp didi BosschaBosscha,, LembangLembang,, TanggalTanggal 1212 JuliJuli 20082008
  2. 2. Apakah UFO itu?  UFO = Unidentified Flying Object  BETA = Benda Terbang Aneh
  3. 3. Asal mula istilah piring terbang Kenneth Arnold Pada 24 Juni 24, 1947, ia melihat formasi UFO Di atas Gunung Rainier di Pegunungan Cascade, Washington, AS Saat wawancara dengan koran East Oregonian, Ia mengatakan seperti “piring yang dilemparkan mendatar di atas permukaan air.” Associated Press menyebutnya “obyek seperti piring” dan istilah “piring terbang” menjadi populer. (illustration)
  4. 4. Perjumpaan Jarak Jauh Perjumpaan Jarak Dekat [Close Encounters (CE)] CE-I  Melihat UFO dengan jarak cukup dekat CE-II  Melihat UFO mendarat CE-III  Melihat makhluk yang keluar dari wahana Nocturnal Lights Daylight Discs SISTEM KLASIFIKASI HYNEK, 1950 (Oleh Dr. J. Allen Hynek, astronom Universitas Northwestern, AS) Radar-Visual Cases
  5. 5. Tipe tambahan CE CE-IV  Kasus penculikan manusia oleh alien CE-V  Komunikasi / Kontak dengan alien
  6. 6. Berbagai Jenis UFO
  7. 7. Keunikan UFO  UFO bergerak zig-zag di udara.  UFO dapat membuat mobil mogok dan gangguan elektromagnetik.  UFO melayang tanpa suara.
  8. 8. DARI MANA ASAL MEREKA ? Hipotesis Ekstraterestrial Hipotesis Time Travel Hipotesis Terestrial Hipotesis Ultraterestrial
  9. 9. Hipotesis Ekstraterestrial
  10. 10. UFO datang dari luar bumi (ET) Universe (alam semesta) Bintang lain di galaksi Tata Surya
  11. 11. Kardashev Scale
  12. 12. HipotesisHipotesis UltraterestrialUltraterestrial
  13. 13. Bagaimana jika bukan “universe” tapi “multiverse”
  14. 14. Makhluk ET atau UT • ET = Extra-Terrestrial • UT = Ultra-Terrestrial • Selain hipotesa dari luar bumi (ET) ada juga hipotesa dari dimensi lain (UT). • Jacques Vallee menulis sebuah buku yang berjudul “Messenger of Deception: UFO Contacts and Cults” (1979). Dalam buku itu Vallee mengajukan alternatif lain dari hipotesa kunjungan makhluk luar angkasa, yaitu hipotesa kunjungan makhluk dari dimensi lain. Makhluk ini bisa jadi berada dalam multidimensi di luar ruang dan waktu, dan dapat ada bersama manusia, meski tetap tidak terdeteksi. Jacques Vallee
  15. 15. Bagaimana mereka sampai di sini? Salah satu argumen utama yang menentang keberadaan UFO adalah klaim para skeptik, bahwa jarak tempuh yang terlalu jauh menjadi kendala utama untuk dilakukannya sebuah perjalanan antar bintang.
  16. 16. Tapi itu bukan sama sekali mustahil…  Pertama, teknologi alien sudah sangat maju dibanding dengan pemahaman kita saat ini tentang ruang dan waktu yang kemudian menghasilkan kemungkinan untuk sebuah perjalanan yang melebihi kecepatan cahaya.  Kedua bahwa para alien berada lebih dekat dari yang kita kira, oleh sebab itu tidak diperlukan perjalanan yang jauh itu. Tapi Anda tidak dapat melaju lebih dari kecepatan cahaya!
  17. 17. • Jika para alien itu belum menemukan cara perjalanan yang melebihi kecepatan cahaya atau perjalanan melebihi kecepatan cahaya adalah mustahil, maka para peneliti UFO perlu memberikan alasan-alasan mengapa mereka tetap bisa mengunjungi kita. Oleh karena itu ada 3 ide utama asal usul: 1. Masih dalam Tata Surya kita 2. Antar dimensi 3. Selalu ada di sini (bumi).
  18. 18. Dari Tata Surya kita sendiri •• Kontra: Tidak ada bukti planet lain yang menunjangKontra: Tidak ada bukti planet lain yang menunjang kehidupan seperti halnya di bumi.kehidupan seperti halnya di bumi. •• Pro: Sangat mungkin alien yang ada di planetPro: Sangat mungkin alien yang ada di planet dalam tata surya kita adalah pendatang daridalam tata surya kita adalah pendatang dari bintang lain yang membangun pangkalan di planetbintang lain yang membangun pangkalan di planet tersebut.tersebut. –– Temuan NASA:Temuan NASA: Titan, satelit Saturnus, memiliki siklus cuaca yang mirip dengan yangTitan, satelit Saturnus, memiliki siklus cuaca yang mirip dengan yang terjadi di Bumi.terjadi di Bumi. –– Lingkungan Mars dulunya mirip bumi, ada airnya dan ada kehidupan.Lingkungan Mars dulunya mirip bumi, ada airnya dan ada kehidupan. •• Kontra: Tidak ada bukti planet lain yang menunjangKontra: Tidak ada bukti planet lain yang menunjang kehidupan seperti halnya di bumi.kehidupan seperti halnya di bumi. •• Pro: Sangat mungkin alien yang ada di planetPro: Sangat mungkin alien yang ada di planet dalam tata surya kita adalah pendatang daridalam tata surya kita adalah pendatang dari bintang lain yang membangun pangkalan di planetbintang lain yang membangun pangkalan di planet tersebut.tersebut. –– Temuan NASA:Temuan NASA: Titan, satelit Saturnus, memiliki siklus cuaca yang mirip dengan yangTitan, satelit Saturnus, memiliki siklus cuaca yang mirip dengan yang terjadi di Bumi.terjadi di Bumi. –– Lingkungan Mars dulunya mirip bumi, ada airnya dan ada kehidupan.Lingkungan Mars dulunya mirip bumi, ada airnya dan ada kehidupan.
  19. 19. Kunjungan dari Planet Venus George Adamski dan Orthon dari Venus (1952) Planet Venus Ilmuwan AS menulis dalam journal Astrobiology bahwa mungkin ada kehidupan di Planet Venus. NASA juga menambah kesimpulan sementara: paling tidak, sejenis kehidupan primitif pernah pula bermukim di Planet Venus. Pusat Riset Ames NASA, yang mengelola proyek Pioneer, pernah menyebutkan bahwa data baru tentang Planet Venus memperkokoh dugaan selama ini tentang kemungkinan di planet cantik itu pernah ada lautan. Menurut Louis Irwin dari University of Texas di El Paso, perubahan yang dialami Venus mungkin berlangsung lambat. "Walau sekarang panas bagai neraka, di sana mungkin pernah ada kehidupan, karena ia cukup lama berada dalam kondisi mirip Bumi," ujarnya. Seperti di Bumi, kehidupan yang sudah mapan biasanya akan berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Artinya, bila dahulu pernah ada kehidupan, maka mereka sekarang mungkin menyesuaikan diri dengan kondisi di sana, atau membuat bangunan perlindungan yang aman di planet tersebut.
  20. 20. Dari bintang terdekat? • Sepanjang satu dekade, lebih dari 270 planet extrasolar telah ditemukan di berbagai bintang. • Temuan ilmuwan: Diduga ada planet mirip Bumi di sekitar rangkaian bintang Alpha Centauri. Pada tahun 1967, seorang polisi patroli di Ashland, Nebraska, bernama Herbert Schirmer dibawa masuk ke dalam pesawat UFO yang awaknya mengaku dari sistem bintang Alpha Centauri.
  21. 21. Ada yang mengatakan mereka datang dari bintang: • Sirius • Orion • Pleiades • Lyra • Vega • Konstelasi Andromeda • Zeta 2 Reticuli • Verdant (infonya berlokasi 14 juta tahun cahaya dari bumi) • Dan lain-lain… Apakah bisa dipercaya?
  22. 22. Perjalanan antar bintang melalui lubang cacing
  23. 23. Atau pakai…
  24. 24. STARGATE
  25. 25. Antar dimensi • Kita hidup dalam dunia multi dimensi yang dilingkupi dan dikunjungi oleh entitas-entitas dari dimensi lain. • Teori tentang alien dari dimensi lain cukup banyak dianut oleh kalangan pengamat UFO. • Menjelaskan fenomena UFO muncul dan menghilang secara tiba-tiba. • Tapi tunggu dulu… apakah yang dimaksud dengan dimensi lain itu?
  26. 26. Michio Kaku Dunia paralel adalah suatu konsep teoritis di mana terdapat banyak dunia yang berjalan sendiri-sendiri, dan urutan peristiwa di satu dunia bisa jadi tidak sejalan dengan urutan peristiwa di dunia lain.
  27. 27. Dari “dunia” lain Lubang cacing (Michio Kaku, Hyperspace)
  28. 28. Wahana apa yang digunakan? • Laporan menunjukkan bahwa pengunjung misterius ini tidak hanya berasal dari satu tempat. • Dilaporkan ada bentuk berupa kapal induk (mothership), wahana berawak semacam pengintai (shuttle atau scoutship) dan probe tak berawak dengan ukuran relatif kecil. • Ada UFO yang jatuh, baik itu karena murni kecelakaan atau ditembak jatuh.
  29. 29. Teknologi UFO • Preliminary report mengenai kepingan logam yang ditemukan di lokasi kecelakaan Roswell adalah sebagai berikut: – Bagian mesin pendorong pesawat tersebut mampu bekerja dengan baik dalam tekanan mencapai 150,000 pounds / inchi2. – Elemen logamnya sanggup bertahan hingga suhu ekstrim. – Ditemukan bahan bakar Elerium 115 / Elemen 115 yang berdaya ledak 100 kali Uranium tetapi radiasinya aman bagi manusia. Bahan ini tidak dapat dibuat dengan elemen yang ada di bumi. – Tidak terlihat adanya alat-alat penyatu, sekrup, baut dan lain-lain dalam bagian mesin pendorong pesawat. – Tidak ditemukan adanya bagian yang berfungsi sebagai sayap, flaps, atau stabilizer. – Tidak ada bagian air-intake maupun exhaust. – Di bagian kontrol panel-nya tidak ditemukan tombol-tombol, switches, tuas, ataupun pedal sebagaimana umumnya sebuah pesawat.
  30. 30. Bob Lazar dan diagram UFO yang pernah dilihatnya
  31. 31. Sumber: Majalah Mekatronika No 9, 1979
  32. 32. Sumber: Majalah Mekatronika No 1, 1979
  33. 33. Konstruksi UFO menurut George Adamski
  34. 34. Alien yang disaksikan oleh saksi mata Berdasarkan penelitian Dr. Jacques Vallee, Jenny Randles, Dr. Thomas E. Bullard Gray atau Grey Nordic & Humanoid Entitas lainnya - Tinggi: 1,2 meter - Kaki dan tangan kurus - Kepala besar, tanpa rambut. - Ada mata besar dan gelap, hidung, mulut. - Warna kulit putih dan abu-abu - Lebih banyak di Eropa - Mirip manusia - Tinggi: 1,6 – 2,1 meter - Rambut pirang, mata biru - Sebagian berkulit coklat Robot, reptilian, serangga (mantis), Hybrid
  35. 35. Hal-hal yang dilaporkan orang yang pernah bertemu alien • Implant • Shape Shifting • Telepati • Mind Control • Eksperimen medis • Missing time • Pesan-pesan
  36. 36. Kasus-kasus alien abduction Song-Zi Xian, Cina: Kasus Ju Tan, 1880 Petani Ju Tan tiba-tiba lumpuh dan tidak sadarkan diri. Beberapa waktu kemudian, ia terbangun di tempat yang jauh dari rumah setelah dua minggu. Jerman: Kasus Hans Klotzbach, 1948 Hans Klotzbach loncat dari kereta api, kakinya luka parah dan pingsan. Sosok alien mengambil tubuhnya dan mengobatinya. Ia siuman setelah empat hari. Brasil: Kasus Antonio Villas Boas, 1957 Ketika sedang bekerja di ladang, Antonio didatangi UFO. Empat makhluk asing berbaju abu-abu menangkapnya. Ia dipaksa berhubungan seksual dengan sosok wanita yang ternyata alien. Beberapa waktu kemudian ia dikembalikan ke rumahnya. New Hampshire, Amerika Serikat: Kasus Barney dan Betty Hill, 1961 Pasutri Barney Hill dan Betty Hill diculik oleh alien ketika dalam perjalanan. Di bawah regresi hipnosis, diketahui mereka masuk ke dalam UFO, bertemu dengan alien dan memberikan peta bintang tempat asal mereka. Ilustrasi Kasus Antonio Villas Boas, 1957 Barney dan Betty Hill menunjukkan sketsa pesawat yang membawa mereka. Ilustrasi alien dalam Kasus Gatot Tri R., 2000 Surabaya, Jawa Timur: Kasus Gatot Tri R., Juni 2000 Suatu malam, kira-kira pukul 22.00 WIB, tiba-tiba tubuh Gatot terangkat ke atas dengan cepat dan seketika telah berada di dalam suatu ruangan asing berbentuk melingkar atau bundar. Ia melihat sesosok makhluk kecil berwarna kehijauan, mengenakan semacam topi atau mungkin helm kaca, memiliki ekor. Karena takut, ia ingin keluar dari tempat itu, masuk ke sebuah ruangan kecil. Panel di dalam ruang ia tekan dan dengan kecepatan yang luar biasa mengantarnya kembali ke rumahnya.
  37. 37. Implikasi Logis tentang UFO (1) Mereka tidak hanya datang sekarang • Teori Ancient Astronaut Mereka tidak hanya datang ke Bumi • Bumi bukan satu-satunya tempat tujuan atau penjelajahan antar bintang Membangun pangkalan • Membentuk koloni, eksplorasi sumber daya alam, mengembangkan peradaban baru
  38. 38. Mereka ada di sini sejak duluMereka ada di sini sejak duluMereka ada di sini sejak duluMereka ada di sini sejak dulu •• Teori peradaban yangTeori peradaban yang hilang seperti Atlantishilang seperti Atlantis •• Pangkalan di bawah lautPangkalan di bawah laut atau di bawah tanahatau di bawah tanah (dalam lorong(dalam lorong--loronglorong bumi)bumi) •• Teori peradaban yangTeori peradaban yang hilang seperti Atlantishilang seperti Atlantis •• Pangkalan di bawah lautPangkalan di bawah laut atau di bawah tanahatau di bawah tanah (dalam lorong(dalam lorong--loronglorong bumi)bumi) Sebuah bangunan piramid ditemukan diSebuah bangunan piramid ditemukan di dasar laut kedalaman 30 meter di dekatdasar laut kedalaman 30 meter di dekat Okinawa, Jepang.Okinawa, Jepang. Sebuah bangunan piramid ditemukan diSebuah bangunan piramid ditemukan di dasar laut kedalaman 30 meter di dekatdasar laut kedalaman 30 meter di dekat Okinawa, Jepang.Okinawa, Jepang.
  39. 39. Sebuah bangunan raksasa berada di bawah laut dekat Okinawa Jepang. Siapakah yang membuatnya?
  40. 40. ET di bumi – ribuan tahun lalu • Kemungkinan yang menunjang: – Misteri Sirius/Dogon – Teori Ancient Astronaut oleh Erich von Daniken – Buku Zecharia Sitchin tentang Anunnaki • Dampak secara umum – Menuntut revisi ulang pandangan atas sejarah manusia • Dampak pada keyakinan terhadap agama – Meningkatkan pertanyaan tentang dewa di masa lalu – Mendorong pertanyaan tentang asal usul manusia • Rasa penasaran yang belum terjawab – Bagaimana mereka bisa sampai ke sini? – Apakah mereka bagian dari sejarah kita? – Apakah mereka ada di sekitar kita? – Apakah kita berasal dari luar angkasa? Erich von Daniken Zecharia Sitchin
  41. 41. Patung "Atlantean", situs arkeologi di Tula, Meksiko
  42. 42. Penganut teori Ancient Astronaut mengartikan benda yang dibawa oleh patung bangsa “Atlantis” ini sebagai sebuah senjata. Sebuah patung dari jaman dulu yang sekilas bentuknya mirip dengan pakaian astronaut masa kini
  43. 43. Ini memang film… tapi yang ini benar ada.. http://www.daniken.com/e/pictures.shtml
  44. 44. Membangun pangkalan atau koloni di planet lain
  45. 45. Ilustrasi pangkalan alien di sebuah planet
  46. 46. Implikasi Logis tentang UFO (2) Bahaya penyakit • Ada konsekuensi dari kehadiran makhluk ET, yakni mikro-organisme lain yang ikut bersama mereka, yang mungkin tidak berbahaya untuk mereka, tapi bisa mematikan bagi makhluk bumi. Motivasi mereka • Apa tujuan mereka ke bumi? Apa profesi mereka? Armada tempur? Sekelompok ilmuwan? Pedagang? Pemburu harta dari planet lain? Teknologi • Teknologi UFO yang terlihat lebih canggih bisa memberi lompatan perkembangan teknologi bagi manusia di bumi jika terjadi upaya pertukaran teknologi atau berhasil meniru yang ada.
  47. 47. Tentu tak ada bukti kuat, teknologi apa saja yang diambil dari reruntuhan UFO itu. Berikut adalah beberapa peralatan yang diduga berasal dari teknologi UFO. Sumbernya dari buku “The Day After Roswell”, ditulis oleh Kolonel Phil Corso. •Integrated circuit chips •Fibre optics •Lasers •Night-vision equipment •Super-tenacity fibers (seperti Kevlar plastic Armour) •Psychotronic devices (alat yang dapat menterjemahkan pikiran manusia menjadi signal untuk mengontrol mesin) •Stealth aircraft technology •Star Wars particle-beam devices. Lihat: http://www.phils.com.au/corso.htm Teknologi dari UFO?
  48. 48. Implikasi Logis tentang UFO (3) Psikologi yang berbeda • Sifat dan perilaku manusia tidak bisa diterapkan sama terhadap makhluk UFO. Sistem kesadaran yang dimiliki, perkembangan intelektual, emosional dan spiritual mereka juga bisa berbeda. Pertahanan Keamanan • Bahaya serangan dari luar angkasa • UFO, kawan atau lawan? • Sistem pertahanan Perang Bintang (Star Wars)
  49. 49. Apakah kita siap menghadapi kemungkinanApakah kita siap menghadapi kemungkinan serangan dari kelompok alien yang agresif?serangan dari kelompok alien yang agresif? Apakah kita siap menghadapi kemungkinanApakah kita siap menghadapi kemungkinan serangan dari kelompok alien yang agresif?serangan dari kelompok alien yang agresif?
  50. 50. What Next? • Jika UFO datang, siapa yang paling tepat menjadi wakil dari bumi untuk menemui mereka? Apakah kontakte (orang yang pernah bertemu dengan alien), kepala negara (negara mana?), atau PBB? • Bagaimana menyikapi jika alien melakukan kontak terbuka dengan manusia? • Apakah akan ada semacam federasi galaktik seperti di film atau novel Sci-Fi?
  51. 51. Search for Extraterrestrial Intelligence SETI Formerly named Project Ozma, developed by Frank Drake, a US astronomer SETI@home Big network of many PCs around the world, developed by David Anderson, University of California, Berkeley Origins Developed by NASA, using more advanced technology Jika alien sudah datang ke bumi, mengapa kita masih mencari?
  52. 52. www.betaufo.org Jl. Krembangan Barat 31-I, Surabaya 60175 Telp.+6231-3542570, 3526207 Fax.+6231-3559283 Email: info@betaufo.org

×