Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Shinta Kusuma Wardhani_10410221_7E

345 vues

Publié le

  • Identifiez-vous pour voir les commentaires

  • Soyez le premier à aimer ceci

Shinta Kusuma Wardhani_10410221_7E

  1. 1. PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 TENTANG MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI SMK NEGERI 7 SEMARANG SHINTA KUSUMA WARDHANI 10410221 SEMINAR BAHASA
  2. 2. ABSTRAK DALAM KURIKULUM 2013 SANGAT BERBEDA DARI KURIKULUM SEBELUM- SEBELUMNYA. BERKAITAN DENGAN KURIKULUM SEBELUMNYA YAITU, KURIKULUM 2006, KURIKULUM 2004, DAN LAIN-LAIN MEMPUNYAI STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR. SEDANGKAN, KURIKULUM 2013 MEMPUNYAI KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR. KURIKULUM 2013 MENGGAMBARKAN KONSEPTUALISASI KONTEN KURIKULUM DALAM BENTUK MATA PELAJARAN, POSISI KONTEN ATAU MATA PALAJARAN DALAM KURIKULUM, DOSTRIBUSI KONTEN ATAU MATA PELAJARAN DALAM SEMESTER ATAU TAHUN, BEBAN BELAJAR UNTUK MATA PELAJARAN DAN BEBAN BELAJAR PER MINGGU UNTUK SETIAP SISWA. STRUKTUR KURIKULUM 2013 JUGA
  3. 3. LANJUTAN DARI ABSTRAK MENULIS MERUPAKAN SUATU KEGIATAN YANG PRODUKTIF DAN EKSPRESIF. DALAM KEGIATAN PENULISAN INI MAKA PENULIS HARUSLAH TERAMPIL MEMANFAATKAN GRAFOLOGI STRUKTUR BAHASA DAN KOSAKATA. PARAGRAF DESKRIPSI ADALAH SUATU BENTUK KARANGAN ATAU PARAGRAF YANG MELUKISKAN SESUATU YANG SESUAI DENGAN KEADAAN YANG SEBENARNYA, SEHINGGA PEMBACA DAPAT MENCITRAI (MELIHAT, MENDENGAR, MENCIUM, DAN MERASAKAN) APA YANG DILUKISKAN ITU SESUAI DENGAN CITRA PENULISNYA. MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MERUPAKAN SALAH SATU MODEL APLIKASI DARI PEMBELAJARAN PAIKEM YAKNI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF MENYENANGKAN.
  4. 4. • KURIKULUM 2013 MENGGAMBARKAN KONSEPTUALISASI KONTEN KURIKULUM 2013 KURIKULUM DALAM BENTUK MATA PELAJARAN, POSISI KONTEN ATAU MATA PALAJARAN DALAM KURIKULUM, DOSTRIBUSI KONTEN ATAU MATA PELAJARAN DALAM SEMESTER ATAU TAHUN, BEBAN BELAJAR UNTUK MATA PELAJARAN DAN BEBAN BELAJAR PER MINGGU UNTUK SETIAP SISWA. STRUKTUR KURIKULUM 2013 JUGA MERUPAKAN APLIKASI KONSEP PERORGANISASIAN KONTEN DALAM SISTEM BELAJAR DAN PENGORGANISASIAN BEBAN BELAJAR DALAM SISTEM PEMBELAJARAN. PENGORGANISASIAN KONTEN DALAM SISTEM BELAJAR YANG DIGUNAKAN ADALAH SISTEM SEMESTER, SEDANGKAN PENGORGANISASIAN BEBAN BELAJAR DALAM SISTEM PEMBELAJARAN BERDASARKAN JAM PELAJARAN PER SEMESTER.
  5. 5. MENULIS •MENULIS MERUPAKAN SUATU KEGIATAN YANG PRODUKTIF DAN EKSPRESIF. DALAM KEGIATAN PENULISAN INI MAKA PENULIS HARUSLAH TERAMPIL MEMANFAATKAN GRAFOLOGI STRUKTUR BAHASA DAN KOSAKATA.
  6. 6. PARAGRAF DESKRIPSI •PARAGRAF DESKRIPSI ADALAH PARAGRAF YANG ISINYA ITU MENGGAMBARKAN, MELUKSIKAN OBJEK YANG BERUPA TEMPAT, ORANG, KEADAAN DAN LAIN-LAIN. YANG PEMBACANYA ITU DIAJAK DALAM IMAJINASI DAN SEAKAN-AKAN IKUT TURUT ADA ATAU MERASAKAN SEPERTI YANG ADA APA DI DALAM PARAGRAF.
  7. 7. •MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE SATU MODEL MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MERUPAKAN SALAH APLIKASI DARI PEMBELAJARAN PAIKEM YAKNI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF MENYENANGKAN. PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MENGACU PADA KREATIFITAS DAN IMAJINASI SISWA TERHADAP GAMBAR MAUPUN SITUASI YANG DI PASANG GURU DI DEPAN KELAS. SISWA DITUNTUT MEMBUAT PARAGRAF SETELAH MELIHAT GAMBAR YANG DI PASANG OLEH GURU. MODEL PEMBELAJARAN TERSEBUT DAPAT MENINGKATKAN MINAT SISWA KARENA MENGGUNAKAN GAMBAR-GAMBAR YANG MENARIK, KEMUDIAN SISWA DIAJAK BERIMAJINASI SETELAH ITU SISWA DITUNTUT MEMBUAT PARAGRAF DESKRIPSI, SETELAH SELESAI, BEBEAPA SISWA MEMBACAKAN ATAU MEMPRESENTASIKAN HASIL KARYANYA DI DEPAN TEMAN-TEMANNYA DAN TEMAN YANG LAIN MEMBERI TANGGAPAN. KEGIATAN ITU DAPAT MELATIH MENTAL DAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA. TERAKHIR GURU MEMBERIKAN EVALUASI DAN SIMPULAN
  8. 8. PERMASALAHAN • DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI, SEORANG GURU ATAU PENDIDIK HARUS MAMPU MEMILIH BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN MATERI YANG DIAJARKAN. PENDIDIK DAPAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN YANG KREATIF, INOVATIF, DAN MENARIK AGAR DAPAT MENUMBUHKAN MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI. • NAMUN PADA KENYATAANYA, SELAMA PROSES PEMBELAJAARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI INI, GURU HANYA MENJELASKAN MATERI DAN MEMBERIKAN TUGAS KEPADA SISWA UNTUK MENULIS SEBUAH PARAGRAF DESKRIPSI. HAL TERSEBUT KURANG MENARIK BAGI PESERTA DIDIK. SALAH
  9. 9. SOLUSI • SALAH SATU MODEL YANG SAAT INI POPULAR DALAM PEMBELAJARAN ADALAH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE. • MODEL INI MERUPAKAN SALAH SATU BENTTUK PEMBELAJARAN KOOPERATIF. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE ADALAH PENGGUNAA MODEL DENGAN CARA GURU MEMBERIKAN SEBUAH GAMBAR MANUAL ATAU MELALUI LAYAR PROJECTOR KEPADA SISWA YANG SELANJUTNYA SISWA MENELAAH, MENGAMATI, MEMERHATIKAN, DAN KEMUDIAN MEMBUAT KARANGAN DESKRIPSI MELAKUI IMAJINASI YANG DIDAPATKAN SETELAH MENGAMATI GAMBAR. SETELAH SISWA SELESAI MEMBUAT TULISAN YANG BERSIFAT DESKRIPSI KEMUDIAN MEMBACAKAN HASILNYA DI DEPAN TEMANTEMANNYA, SISWA YANG LAIN MEMERHATIKAN DAN MEMBERIKAN TANGGAPAN ATAS PEKERJAAN TEMAN-TEMANNYA.
  10. 10. • MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE EFEKTIF DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DI KELAS X SMK N 7 SEMARANG YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013. KURIKULUM 2013 MEMFOKUSKAN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK, DENGAN DEMIKIAN PESERTA DIDIK YANG BERPERAN AKTIF SELAMA PROSES PEMBELAJARAN, SEDANGKAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN TERSEBUT.

×