Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.
NAMA : SITI USWATUN RABI’AH 
NPM : 13.11.108.201103.002680 
TEKNOLOGI PENDIDIKAN (semester 3)
BELAJAR DISIPLIN 
1. Hidup disiplin 
Seorang anak yang sedang dihukum karena terlambat masuk sekolah. 
Mengapa jika terlam...
Dengan disiplin, seseorang itu diharapkan bersedia untuk tunduk dan 
mengikuti peraturan tertentu dan menjauhi larangan te...
2. Macam-macam disiplin 
A. DISIPLIN DI RUMAH 
Bagaimana cara melaksanakan hidup disiplin di rumah? Cara 
melaksanakan hid...
Dalam mendisiplin anak, 
hendaknya orang tua bisa 
bersikap tenang dan tidak 
melakukannya dengan marah, 
agar si anak men...
B. DISIPLIN DI SEKOLAH 
Di samping hidup disiplin di rumah kita juga harus menerapkan disiplin 
disekolah. Kedisiplinan di...
Kedisiplinan siswa dapat dilihat 
dari ketaatan (kepatuhan) siswa 
terhadap aturan (tata tertib) yang 
berkaitan dengan ja...
C. DISIPLIN DI JALAN RAYA 
Selain di rumah dan sekolah kedisiplinan juga harus dilakukan dalam 
kehidupan di masyarakat te...
D. DISIPLIN MASYARAKAT 
Disiplin dimasyarakat memang harus dilaksanakan. Karena 
dimasyarakatlah mulainya proses interaksi...
E. DISIPLIN DALAM 
WAKTU 
Maksudnya bisa menggunakan 
dan membagi waktu dengan 
baik. Karena waktu amat 
berharga dan sala...
G. DISIPLIN DIRI PRIBADI 
Apabila dianalisis maka disiplin 
mengandung beberapa unsur yaitu 
adanya sesuatu yang harus dit...
3. Ciri-ciri Orang Disiplin 
Orang dapat disebut disiplin jika: 
a.Selalu menaati peraturan 
b.Selalu tepat waktu 
c.Selal...
4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Kurang Disiplin 
a. Sekolah kurang menerapkan disiplin. 
Sekolah yang kurang mene...
d. Sikap orang tua. 
Anak yang dimanjakan oleh orang tuanya akan cendrung kurang 
bertanggung jawab dan takut menghadapi t...
5. Tindakan Untuk Mengatasi Tidak Disiplin 
a. Teguran Secara Lisan 
Teguran secara lisan terbatas dalam hal mengingatkan ...
c. Hukuman 
Hukuman ialah tindakan yang paling akhir diambil apabila teguran 
dan peringatan belum mampu untuk mencegah se...
6. Manfaat Disiplin 
1. Menumbuhkan kepekaan 
Anak tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan 
percaya pada or...
4. Menumbuhkan ketenangan 
Menurut penelitian menunjukkan bayi yang tenang/jarang menangis 
ternyata lebih mampu memperhat...
7. Menumbuhkan keakraban 
Anak menjadi cepat akrab dan ramah terhadap orang lain karena 
kemampuannya beradaptasi lebih te...
Kesimpulan 
Dari semua pembahasan tersebut saya menyimpulkan bahwa disiplin 
adalah suatu sikap atau perilaku yang menunju...
Prochain SlideShare
Chargement dans…5
×

Power point (tugas individu) Disiplin....... untuk kelas 2 sekolah dasar....

25 641 vues

Publié le

Saya siti uswatun rabi'ah dari fkip semester 3. dengan ini mempersembahkan tugas saya tentang DISIPLIN........ Dengan melihat power point saya ini semoga dapat menambah wawasan kita tentang apa itu disiplin, macam-macamnya, ciri-cirinya, fktor yang menyebabkan orang tidak disiplin, serta cara mengatasinya. Tidak lupa pula say mencantumkan sedikit tentang evaluasi dan kesimpulan dari materi pembelajaran itu. Semoga bermanfaat :)

Publié dans : Formation
  • Identifiez-vous pour voir les commentaires

Power point (tugas individu) Disiplin....... untuk kelas 2 sekolah dasar....

  1. 1. NAMA : SITI USWATUN RABI’AH NPM : 13.11.108.201103.002680 TEKNOLOGI PENDIDIKAN (semester 3)
  2. 2. BELAJAR DISIPLIN 1. Hidup disiplin Seorang anak yang sedang dihukum karena terlambat masuk sekolah. Mengapa jika terlambat masuk sekolah pasti diberi sanksi oleh guru? Pemberian sanksi pada anak yang terlambat itu dilakukan dengan tujuan mendidik anak untuk bersikap tertib dan disiplin. Apakah disiplin itu? Disiplin adalah sikap yang penting dalam hidup dengan disiplin hidup ini lebih tertata dan tidak kacau.. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua, disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib.
  3. 3. Dengan disiplin, seseorang itu diharapkan bersedia untuk tunduk dan mengikuti peraturan tertentu dan menjauhi larangan tertentu baik disekolah, dirumah dan dimasyarakat. Tetepi tidak bertujuan untuk mengurangi kebebesan dan kemerdekaan seseorang, tetapi ingin memberikan kemerdekaan yang lebih besar kepadanya dalam batas-batas kemampuannya. Akan tetapi, jika kebebasan itu terlampau dikurangi, dikekang dengan peraturan yang sangat ketat maka seseorang itu akan memberontak dan mengalami frustasi. Dengan pendapat itu, disiplin yang dilaksanakan dirumah, disekolah dan dimasyarakat oleh seseorang akan mampu belajar hidup dengan pembiasaan yang baik, positif dan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya untuk bekal hidup dikemudian hari.
  4. 4. 2. Macam-macam disiplin A. DISIPLIN DI RUMAH Bagaimana cara melaksanakan hidup disiplin di rumah? Cara melaksanakan hidupdisiplin di rumah antara lain: a.Belajar mengerjakan tugas sesuai jadwal b.Menjalankan ibadah tepat waktu c.Merapikan tempat tidur d.Mandi pagi dan sore hari e.Makan tepat waktu f.Berangkat ke sekolah tidak terburu buru dan tidak terlambat Semua kegiatan yang dilaksanakan tepat waktu dan sesuai jadwal disebut disiplin.Jika kamu melakukan semua hal tanpa disiplin dan terburu buru maka dapat mengurangi konsentrasi dan hasilnya tidak akan memuaskan..
  5. 5. Dalam mendisiplin anak, hendaknya orang tua bisa bersikap tenang dan tidak melakukannya dengan marah, agar si anak menjadi yakin bahwa orang tua tidak hanya sekadar menghukum, tetapi juga mendisiplin mereka.
  6. 6. B. DISIPLIN DI SEKOLAH Di samping hidup disiplin di rumah kita juga harus menerapkan disiplin disekolah. Kedisiplinan di sekolah menyangkut persoalan ketepatan dan ketertiban. Beberapa contoh kedisiplinan yang diterapkan di sekolah: a.Masuk sekolah tepat waktu b.Berbaris dengan tertib c.Berseragam sesuai ketentuan sekolah d.Menaati tata tertib sekolah e.Makan di kantin bukan di tempat ibadah f.Mendengarkan pelajaran dengan tekun g.Bermain bola di halaman bukan di dalam kelas h.Beribadah tepat waktu Semua itu adalah kegiatan yang dilakukan di sekolah apabila kamu melaksanakannya sesuai jadwal waktu dan caranya berarti kamu telah bersikap disiplin kedisiplinan akan membawa kamu kepada keberhasilan.
  7. 7. Kedisiplinan siswa dapat dilihat dari ketaatan (kepatuhan) siswa terhadap aturan (tata tertib) yang berkaitan dengan jam belajar di sekolah, yang meliputi jam masuk sekolah dan keluar sekolah, kepatuhan siswa dalam berpakaian, kepatuhan siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah, dan lain sebagainya. Semua aktifitas siswa yang dilihat kepatuhannya adalah berkaitan dengan aktifitas pendidikan di sekolah, yang juga dikaitkan dengan kehidupan di lingkungan luar sekolah.
  8. 8. C. DISIPLIN DI JALAN RAYA Selain di rumah dan sekolah kedisiplinan juga harus dilakukan dalam kehidupan di masyarakat terutama di jalan raya. Pernahkah kamu melihat kecelakaan lalu lintas? Apa penyebab terjadinya kecelakaan tersebut? Penyebabnya antara lain mengebut mendahului dari kiri dan melanggar lampu lalu lintas semua itu pada hakikatnya karena para pengguna jalan tidak bersikap disiplin. Bila setiap orang di jalan mematuhi rambu rambu lalu lintas pasti kecelakaan tidak akan terjadi untuk itu kamu harus membiasakan bersikap disiplin di jalan raya.
  9. 9. D. DISIPLIN MASYARAKAT Disiplin dimasyarakat memang harus dilaksanakan. Karena dimasyarakatlah mulainya proses interaksi antara seseorang dengan orang lain. Jika kita tidak disiplin dirumah maka kita juga akan tidak disiplin dimasyarakat. Disinilah orang akan menilai perilaku kita. Dengan mengikuti segala aturan yang ada didalam masyarakat berarti kita sudah disiplin dimasyarakat. Mampu untuk hidup disiplin dimasyarakat berarti kita bisa mengendalikan diri untuk tidak berbuat sesuka hati.
  10. 10. E. DISIPLIN DALAM WAKTU Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik F. DISIPLIN DALAM BERIBADAH Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan. Dalam agama Islam Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk Disiplin.
  11. 11. G. DISIPLIN DIRI PRIBADI Apabila dianalisis maka disiplin mengandung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. H. DISIPLIN NASIONAL Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh perilaku disiplin sosial adalah melaksanakan siskamling dan kerja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagainya.
  12. 12. 3. Ciri-ciri Orang Disiplin Orang dapat disebut disiplin jika: a.Selalu menaati peraturan b.Selalu tepat waktu c.Selalu hidup terjadwal dengan teratur d. Selalu melaksanakan tugas dengan baik dengan membiasakan hidup disiplin Maka kamu akan mendapatkan banyak manfaatnya seperti: a. Kehidupan menjadi aman tertib dan teratur b. Tidak terjadi kekacauan c. Tugas selesai tepat pada waktunya
  13. 13. 4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Kurang Disiplin a. Sekolah kurang menerapkan disiplin. Sekolah yang kurang menerapkan disiplin, maka siswa biasanya kurang bertanggung jawab karena siswa menganggap tidak melaksanakan tugas pun di sekolah tidak dikenakan sanksi, tidak dimarahi guru. b. Teman bergaul. Anak yang bergaul dengan anak yang kurang baik perilakunya akan berpengaruh terhadap anak yang diajaknya berintraksi sehari hari c. Cara hidup di lingkungan anak tinggal. Anak yang tinggal di lingkungan hidupnya kurang baik, maka anak akan cenderung bersikap dan berperilaku kurang baik pula.
  14. 14. d. Sikap orang tua. Anak yang dimanjakan oleh orang tuanya akan cendrung kurang bertanggung jawab dan takut menghadapi tantangan dan kesulitan kesulitan, begutu pula seballiknya anak yang sikap orang tuanya otoriter, maka anak akan menjadi penakut dan tidak berani mengambil keputusan dalam bertindak. e. Keluarga yang tidak harmonis. Anak yang tumbuh dikeluarga yang kurang harmonis ( home broken ) biasanya akan selalu mengganggu teman dan sikapnya kurang disiplin. f. Latar belakang kebiasan dan budaya. Budaya dan tingkat pendidikan orang tuanya akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku anak. Anak yang hidup dikeluarga yang baik dan tingkat pendidikan orang tunya bagus maka anak akan cendrung berperilaku yang baik pula.
  15. 15. 5. Tindakan Untuk Mengatasi Tidak Disiplin a. Teguran Secara Lisan Teguran secara lisan terbatas dalam hal mengingatkan untuk kesalahan yang kecil dan baru pertama kali dilakukan. Sebagai suatu tindakan koreksi, biasanya teguran dilakukan secara pribadi dengan cara yang bersahabat dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan. b. Peringatan Peringatan diberikan kepada seseorang yang telah beberapa kali melakukan pelanggaran dan telah diberikan teguran pula atas pelanggarannya. Dalam memberikan peringatan ini biasanya disertai dengan ancaman akan sangsinya, bilamana terjadi pelanggaran lagi.
  16. 16. c. Hukuman Hukuman ialah tindakan yang paling akhir diambil apabila teguran dan peringatan belum mampu untuk mencegah seseorang itu bertindak disiplin. d. Ganjaran Ganjaran adalah alat pendidikan yang paling menyenangkan. Ganjaran yang telah diberikan akan menunjukan hasil baik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sekaligus menerapkan prilaku dan kepribadian yang mulia.
  17. 17. 6. Manfaat Disiplin 1. Menumbuhkan kepekaan Anak tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Jadinya, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga. 2. Menumbuhkan kepedulian Anak jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain.Disiplin membuat anak memiliki integritas, selain dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik ,cepat dan mudah. 3. Mengajarkan keteraturan Anak jadi mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktunya dengan baik.
  18. 18. 4. Menumbuhkan ketenangan Menurut penelitian menunjukkan bayi yang tenang/jarang menangis ternyata lebih mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Di tahap selanjutnya bahkan ia bisa cepat berinteraksi dengan orang lain. 5. Menumbuhkan percaya diri Sikap ini tumbuh berkembang pada saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan dengan sendiri. 6.Menumbuhkan kemandirian Dengan kemandirian anak dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Anak juga dapat mengeksplorasi lingkungan dengan baik.Disiplin merupakan bimbingan yang tepat pada anak untuk sanggup menentukan pilihan yang bijak.
  19. 19. 7. Menumbuhkan keakraban Anak menjadi cepat akrab dan ramah terhadap orang lain karena kemampuannya beradaptasi lebih terasah. 8.Membantu perkembangan otak Pada usia 3 tahun pertama, pertumbuhan otak anak sangat pesat, disini ia menjadi peniru perilaku yang piawai. ia mampu mencontoh dengan sempurna tingkah laku orang tua yang disiplin dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan dan sikap yang positif. 9. Membantu anak yang “sulit” Kadang-kadang kita lupa pada anak yang berkebutuhan khusus yang memerlukan penangan khusus, melalui disiplin yang menekankan keteraturan anak berkebutuhan khusus bisa hidup lebih baik. 10. Menumbuhkan kepatuhan Hasilnya anak akan menuruti aturan yang ditetapkan orangtua atas kemauan sendiri.
  20. 20. Kesimpulan Dari semua pembahasan tersebut saya menyimpulkan bahwa disiplin adalah suatu sikap atau perilaku yang menunjukkan adanya ketaatan, kepatuhan pada aturan dan tata tertib yang berlaku. Dan kita dapat mengetahui tentang macam-macam disiplin, ciri-ciri disiplin, faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang kurang disiplin, solusi untuk mengatasi seseorang yang tidak disiplin, dan mengetahui manfaat kedisiplinan itu sendiri.

×